detikhealth

Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Bayi Menolak Menyusu dari Payudara Kanan, Bagaimana Ini Dok?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 18/07/2017 14:50 WIB
Bayi Menolak Menyusu dari Payudara Kanan, Bagaimana Ini Dok?Ilustrasi ibu menyusui dengan payudara kiri/Foto: thinkstock
Jakarta, Dok, saya mau nanya nih. Anak saya baru berumur 5 bulan, dan selama 5 bulan ini saya menyusui anak saya menggunakan payudara sebelah kiri saja. Jika saya paksa anak saya menyusui payudara kanan dia menolak dan langsung muntah air susu. Bagaimana Dok, tidak apa-apa jika saya menyusui anak saya dengan 1 payudara yang kiri saja? Terimakasih Dok.

Raya (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Wah... hebat sekali Ibu masih menyusui bayi Ibu secara eksklusif (hanya ASI saja) hingga saat ini. Namun, menyusui sebaiknya dilakukan pada kedua payudara. Menyusui hanya pada 1 payudara saja dapat meningkatkan risiko kanker pada payudara yang tidak pernah disusui.

Pada dasarnya, setiap bayi pasti akan menyukai menetek pada kedua payudara ibunya karena kemampuan menetek pada kedua payudara dimiliki secara alamiah oleh setiap bayi yang sehat. Namun, ada kalanya tidak terdeteksi masalah yang menyebabkan bayi sulit atau tidak suka untuk menetek kepada salah satu payudara ibunya.

Masalah tersebut bisa berasal dari ibu, misal ibu kaku menggendong pada salah satu sisi, bentuk puting atau payudara yang berbeda antara kanan dan kiri, ibu tipe orang yang panikan, gampang stres, atau sedang sakit. Bisa masalah pada bayi, misal bayi sakit atau ada masalah struktur dalam mulut yang mengganggu pola menghisap. Bisa juga masalah pada proses menyusui itu sendiri, yaitu posisi dan pelekatan yang kurang tepat sehingga bayi tidak nyaman menetek.

Oleh karena itu, kami sarankan Ibu untuk segera berkonsultasi ke klinik laktasi agar dapat diketahui penyebab masalah mengapa bayi tidak suka menetek kepada salah 1 payudara ibunya dan segera diberikan penanganan yang tepat sesuai penyebab agar ibu dapat terhindar dari risiko kanker payudara dan dapat lancar proses menyusui hingga 2 tahun. Ibu juga akan diajarkan berbagai posisi menyusui yang dapat membuat ibu dan bayi sama-sama nyaman saat menyusui.

Penting juga untuk menilai tanda kecukupan ASI pada bayi karena Ibu selama ini hanya menyusui dengan 1 payudara. Besar kemungkinan produksi ASI pada payudara yang tidak pernah disusui juga sudah jauh berkurang, sehingga perlu juga penanganan untuk mensiasati agar bayi mau menetek pada payudara yang kemungkinan tidak deras lagi aliran ASI-nya.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit