detikhealth

Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Menyikapi Suami yang Suka Mabuk untuk Ungkapkan Kegalauannya

Kamis, 20/07/2017 14:48 WIB
Menyikapi Suami yang Suka Mabuk untuk Ungkapkan KegalauannyaIlustrasi wanita saat menyikapi suami yang suka mabuk untuk ungkap kegalauan/Foto: Thinkstock
Dokter saya punya suami. Sebenarnya orangnya cenderung pendiam, seolah tidak ada masalah. Nah yang saya risaukan adalah ketika ia mabuk barulah saya tahu masalahnya apa, sebab saat itu ia baru berani marah-marah dan mengungkapkan semua gundah gulananya.

Tetapi ketika sadar saat saya tanya dia bilang tidak apa-apa. Saya jadi gregetan. Apa dia mengidap gangguan jiwa Dok, hanya berani mengungkapkan sesuatu yang dipendam lewat minum-minuman beralkohol. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

M (Perempuan, 35 tahun)

Jawaban

Ibu M yang baik,

Ada beberapa tipikal orang yang memang tidak bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan secara langsung. Pada beberapa orang memang hal tersebut tidak mengganggu mungkin dikarenakan kondisi terkait yang dialami tidak bermasalah dalam keadaan sehari-hari.

Namun jika seperti apa yang terjadi pada kondisi suami Ibu M tentunya perlu mendapatkan perhatian. Beberapa orang yang lari ke alkohol untuk mengurangi kecemasan atau kegalauan diri sebenarnya malah membuat masalah baru. Alkohol memang dikenal bisa mengurangi kecemasan namun hanya sesaat dan saat efeknya sudah hilang, kecemasan atau rasa depresi yang dialami bisa semakin berat.

Saat minum alkohol memang terjadi penekanan di saraf pusat dan salah satunya bisa membuat orang tersebut bicara tanpa kontrol atau rasa malu lagi (terjadi disinhibisi). Ini yang mungkin membuat suami Ibu menjadi bicara apapun termasuk yang dia pendam selama ini.

Saya rasa perlu untuk membicarakannya baik-baik dengan suami dan akhirnya bisa mencari solusi bersama. Jika perlu maka bisa dibantu oleh psikiater atau psikolog klinis. Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit