detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Puasa Bercinta 3 Bulan Sejak Istri Melahirkan, Pria Ini Keluhkan Mr P Loyo

Kamis, 20/07/2017 18:22 WIB
Puasa Bercinta 3 Bulan Sejak Istri Melahirkan, Pria Ini Keluhkan Mr P LoyoMr P yang loyo pasca istri melahirkan bisa disebabkan karena faktor fisik dan psikis. Foto: Getty Images
Selamat malam Dok, saya mau tanya, saat saya akan melakukan hubungan badan dengan istri di saat penis saya mau penetrasi ke Miss V tiba-tiba penis saya loyo yang tadinya penis saya tegang tiba-tiba loyo.

Ini terjadi setelah kami tidak lama berhubungan intim pasca istri saya melahirkan. Kira-kira tiga bulan setelah melahirkan kami mencoba untuk berhubungan kembali. Faktanya itulah yang terjadi. Mohon solusi dan pencerahannya Dok. Terimakasih.

R (Laki-laki, 28 tahun)

Jawaban

Dari keluhan Anda, agaknya Anda mengalami disfungsi ereksi dini, mengingat usia Anda relatif muda, 28 tahun. Karena baru hubungan intim lagi dengan istri setelah tiga bulan pasca persalinan, agaknya Anda perlu adaptasi lagi dalam proses ML.

Penyebabnya bisa faktor fisik (ketidakbugaran jasmani), bisa pula faktor psikis. Pada pria dengan istri pasca persalinan, faktor psikis lebih dominan sebagai penyebab. Beberapa studi kasus mengidentifikasi hal-hal sebagai berikut:

- Rasa iba pada istri membayangkan proses persalinan yang dialami oleh istri
- Rasa khawatir menjelang penetrasi penis ke dalam vagina, yang salurannya baru saja dilewati oleh bayi pada persalinan normal. Pada persalinan dengan operasi (sectio cessaria) berbeda rasa khawatirnya, yaitu 'apakah sayatan bekas operasi tidak terganggu oleh penetrasi penis?'.

Agar Anda kembali mantap untuk ML dengan istri seperti sebelum persalinan, yakinlah bahwa pascapersalinan tiga bulan, organ-organ reproduksi istri sudah kembali normal seperti semula.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan obat erektogenik (Sildenafil, Tandalafil) yang diminum tiga puluh menit menit sebelum ML, hingga Mr P ereksinya tegang dan keras. Obat erektogenik bisa Anda peroleh setelah konsultasi dengan dokter keluarga Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close