detikhealth

Ini Alasan Mengapa Lemak yang Berlebih Tidak Baik bagi Tubuh

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Jumat, 21/07/2017 08:05 WIB
Ini Alasan Mengapa Lemak yang Berlebih Tidak Baik bagi TubuhLemak merupakan salah satu hal yang diperlukan bagi tubuh. Namun lemak bisa jadi hal yang tidak baik jika tersimpan secara berlebihan. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Lemak merupakan salah satu hal yang diperlukan bagi tubuh. Namun lemak bisa jadi hal yang tidak baik bagi tubuh jika tersimpan secara berlebihan.

"Orang gemuk cenderung memiliki lemak yang banyak jadi hati-hati ya. Nah, lemak banyak ini bisa berisiko bagi tubuh," kata Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) saat ditemui detikHealth baru-baru ini.

dr Samuel menjelaskan lemak yang menumpuk pada tubuh umumnya melepaskan zat yang dapat merusak pembuluh darah. Terlebih lagi lemak pada daerah perut yang berdekatan dengan pembuluh darah besar karena dapat langsung memasuki aliran darah.

"Selain itu, jika perutnya banyak lemak maka hatinya bisa jadi diselimuti lemak. Dan ini bisa-bisa liver juga diselubungi lemak sehingga berisiko sirosis," sambung ayah dari tiga anak ini.

Baca juga: Tubuh 'Tertutup' Lemak dan Sulit Kurus? Anda Termasuk Endomorph

Nah, untuk mengetahui komposisi lemak dalam tubuh, dokter yang praktik di MRCCC Siloam Hospital ini melanjutkan, Anda dapat memeriksakan dengan menggunakan body composition analysis.

Sementara untuk menghilangkan lemak di tubuh, dr Michael Triangto, SpKO kepada detikHealth beberapa waktu lalu menganjurkan untuk melakukan latihan jogging atau lari minimal 30 menit. Selain itu, tanpa disadari jogging dapat membuat otot perut obliq atau miring yang akan mampu mengecilkan lingkar perut juga.

Baca juga: Olahraga untuk Menghilangkan Lemak dan Mengecilkan Perut Buncit

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit