detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Miss V Mengeluarkan Lendir Putih Setiap Bercinta, Normalkah?

Jumat, 21/07/2017 18:15 WIB
Miss V Mengeluarkan Lendir Putih Setiap Bercinta, Normalkah?Foto: ilustrasi/thinkstock
Dokter saya ingin menanyakan, setiap kali bercinta sesi pertama banyak mengeluarkan lendir putih menyerupai sperma. Apakah itu aman? Dan apakah melakukan anal seks ada efek sampingnya? Demikian pertanyaan saya. Terimakasih atas jawaban dan penjelasannya.

G (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Lendir putih yang keluar dari vagina saat awal ML, relatif normal. Jelasnya lendir tersebut merupakan lubrikasi (pelendiran) rongga vagina yang dipicu saat foreplay. Kecuali, bila lendir putih berbau tidak sedap (smelly) atau terasa gatal di vagina, disarankan Anda melakukan pemeriksaan pap-smear di klinik kebidanan.

Anal seks tidak jarang menimbulkan efek samping berupa iritasi, luka, pada rongga anus. Juga bisa memicu penyakit wasir (haemorrhoid) pada yang berpotensi varises pembuluh darahnya. Mengapa demikian? Karena jaringan dinding anus tidak bisa lubrikasi seperti jaringan vagina.

Lubrikasi membuat pelendiran hingga jaringan basah dan licin. Hal ini bisa mencegah iritasi, luka, saat penetrasi Mr P ke dalam Miss V.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit