detikhealth

Cukup Joging Satu Menit Tiap Hari, Ini Manfaatnya Bagi Tulang

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 28/07/2017 08:05 WIB
Cukup Joging Satu Menit Tiap Hari, Ini Manfaatnya Bagi TulangRutin berlari dapat membantu kita menjaga kepadatan tulang. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Berlari adalah salah satu aktivitas fisik yang high impact dan tergolong berat bagi sebagian orang, terutama wanita. Tapi sebuah penelitian baru punya kabar baik bahwa berlari sebentar dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Dilansir dari Women's Health, studi yang dipublikasikan di International Journal of Epidemiology, para ilmuwan dari University of Exeter dan University of Leicester mengungkapkan adanya hubungan jelas antara olahraga tersebut dengan kesehatan tulang pada wanita.

Baca juga: Gemar Lari? Selamat, Kamu Bisa Terhindar dari Radang Sendi Lutut

Studi yang melibatkan lebih dari 2.500 wanita ini membandingkan tingkat aktivitas mereka yang diukur dengan monitor pada pergelangan tangan dan kesehatan tulang yang diukur dengan ultrasound pada tulang rumit.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang melakukan lari singkat dengan intensitas tinggi selama 60 sampai 120 detik setiap hari memiliki kesehatan tulang lebih baik 4 persen dibandingkan mereka yang melakukannya selama kurang dari satu menit.

Sementara, mereka yang berlari lebih dari dua menit memiliki kesehatan tulang 6 persen lebih baik.

Selain berfungsi untuk menopang tubuh, kesehatan tulang yang baik dan kuat dapat mengurangi risiko penyakit tulang seperti osteoporosis dan patah tulang saat di hari tua.

Baca juga: Tak Lazim, Tapi Lari Mundur Banyak Manfaatnya Lho(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit