detikhealth

Cerita Para Petugas Panti Sosial Merawat Anak-anak Tunagrahita

Widiya Wiyanti - detikHealth
Minggu, 30/07/2017 20:05 WIB
Cerita Para Petugas Panti Sosial Merawat Anak-anak TunagrahitaBeberapa anak penyandang tunagrahita di panti ini juga mengalami keterbatasan fisik (Foto: Wiwid/detikHealth)
Jakarta, Tunagrahita adalah keadaan keterbelakangan mental atau biasa disebut retardasi mental. Penyandang tunagrahita biasanya memiliki IQ (Intelegence Quotient) di bawah rata-rata anak normal sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektualnya terganggu. Dan beberapa dari mereka juga dibarengi dengan keterbatasan fisik (disabilitas fisik).

Para penyandangan tunagrahita ini ditampung dan di bina di panti sosial, salah satunya Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jl Peta Utara II, RT 02 RW 06, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

Tidak hanya masalah mental, masalah kesehatan pun kerap menyerang anak-anak penyandang tunagrahita ini. "Biasanya penyakit dalam, karena waktu di luar dia suka jajan sembarang. Dari jalanan saja mereka sudah sakit, terus dikirim ke sini," ungkap staf layanan Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Asep, kepada detikHealth, Minggu (30/7/2017).

Asep mengatakan bahwa setiap ada masalah kesehatan pada anak-anak penyandang tunagrahita di panti tersebut, mereka segera diperiksa di puskesmas atau dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Foto-foto Riang Penyandang Tunagrahita Anak

"Sekarang ada dua orang yang dirawat di RSUD Cengkareng, dijaga terus sama kita," imbuhnya.

Berbagai keterbatasan tak membuat anak-anak ini kehilangan keceriaanBerbagai keterbatasan tak membuat anak-anak ini kehilangan keceriaan Foto: Wiwid/detikHealth


Masalah kesehatan yang dikeluhkan anak-anak ini bukan hanya masalah ringan, Asep menceritakan bahwa ada seorang anak yang memiliki penyakit epilepsi, yaitu gangguan pada sistem saraf otak yang menyebabkan seseorang mengalami kejang-kejang.

"Kalau kejang-kejang bisa sampai jatuh terus kepalanya berdarah. Ini bekas jahitannya, kalau sampai bocor kepalanya ya kita bawa ke rumah sakit," tutur Asep.

Selain itu, ada pula seorang anak yang nampak memiliki suatu benjolan besar di bagian wajahnya sebelah kanan. "Kayaknya itu tumor, dia juga lagi diperiksa terus ke rumah sakit," imbuhnya.

Berbagai masalah kesehatan yang menyerang anak-anak penyandang tunagrahita ini tidak membuat keceriaan mereka berkurang. Mereka menganggap teman-temannya sebagai saudara meskipun mereka mengaku sering bertengkar.

Baca juga: Dari Dukun Sampai Lumba-lumba, Semua Demi Sembuhkan Cacat Mental

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit