detikhealth
Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Sulit Tidur dan Banyak Makan Akibat Depresi, Bagaimana Mengatasinya?

Senin, 31/07/2017 16:20 WIB
Sulit Tidur dan Banyak Makan Akibat Depresi, Bagaimana Mengatasinya?Ilustrasi pria depresi/Foto: thinkstock
Sore Dok, saya sudah beberapa bulan terakhir ini mengalami depresi. Di mana saya sulit tidur dan mengonsumsi banyak makanan. Selain itu, saya juga merasa hampa. Bagaimana Dok cara mengatasi perasaan ini. Terkadang saya takut menjadi gila karena tidak pernah bisa menyelesaikan permasalahan. Mohon jawabannya. Terimakasih Dok.

J (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Pak J yang baik,

Gejala depresi bisa timbul pada siapa saja. Tua, muda, laki dan perempuan punya kerentanan yang sama. Penelitian mengatakan perempuan lebih sering mengalami depresi dua kali lipat dibandingkan laki-laki. Gejala depresi yang utama adalah mood atau suasana perasaan yang depresif (sedih atau murung) disertai adanya perasaan putus asa atau hilang harapan dan ketidakmampuan untuk menikmati hal-hal yang sebelumnya dinikmati.

Depresi biasanya juga disertai gejala lain seperti gangguan tidur, gangguan makan, gangguan konsentrasi, serta ada beberapa dibarengi dengan pikiran-pikiran atau ide bunuh diri. Ketika gejala depresi sampai mengganggu kehidupan sehari-hari dan menurunkan kualitas hidup saya sarankan segera menemui psikiater. Terapi pada pasien depresi akan memberikan perbaikan nyata pada gejala.

Beberapa kasus adalah lebih baik jika diberikan pengobatan dengan obat antidepresan yang dibarengi juga dengan konseling dan psikoterapi. Saat ini berobat untuk kondisi gangguan jiwa tersedia di rumah sakit pemerintah dan swasta serta ditanggung oleh JKN BPJS. Obati segera gangguan depresi Anda. Semoga dapat membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
http://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/ajg)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close