detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga

Malas Gerak? Begini Dampaknya Bagi Jantung dan Pembuluh Darah

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 31/07/2017 20:27 WIB
Malas Gerak? Begini Dampaknya Bagi Jantung dan Pembuluh DarahFoto: Thinkstock
Jakarta, Apa benar malas gerak bisa memicu penyakit kardiovaskular? Apakah aktivitas fisik atau olahraga sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah? Dan olahraga yang baik untuk kesehatan kesehatan kardiovaskular apa? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

Lastri (Perempuan, 23 tahun)

Jawaban

Salam kenal Mbak Lastri,

Malas bergerak sangat erat hubungannya dengan gangguan jantung dan pembuluh darah. Untuk mudahnya Mbak dapat membayangkan saat berjalan maka otot-otot tubuh yang terkait yaitu tungkai akan banyak membutuhkan aliran darah untuk mencukupi kebutuhan energi dan oksigen.

Akibatnya jantung akan berdenyut lebih cepat dan memompa darah lebih kuat ke arah tungkai dan juga ke seluruh pembuluh darah di tubuh. Sedangkan paru-paru akan 'mengambil' oksigen lebih banyak dengan meningkatkan frekuensi pernafasan kita.

Jika kita melakukan jalan cepat yang terprogram dengan baik, dilakukan secara teratur, terukur dan berkesinambungan maka pada akhirnya tubuh akan menjadi lebih sehat dan juga bugar. Pesan saya adalah jangan malas, perbanyak bergerak dengan prinsip BBTT (Baik, Benar, Terukur dan Teratur) maka Mbak Lastri diharapkan akan menjadi lebih sehat. Amin.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close