detikhealth

Sudah Dewasa Namun Jerawat Tetap Muncul? Ini Kata Dokter

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Selasa, 01/08/2017 11:15 WIB
Sudah Dewasa Namun Jerawat Tetap Muncul? Ini Kata DokterAda beberapa faktor yang menyebabkan jerawat masih tumbuh pada orang dewasa. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta, Jerawat identik dengan masa pubertas di mana hormon perkembangan sedang banyak diproduksi dan mengakibatkan munculnya jerawat. Lantas mengapa jerawat kadang masih tetap muncul pada orang dewasa?

Menanggapi hal ini dr Laksmi Duarsa SpKK dari RS Surya Husdha, Denpasar, mengatakan munculnya jerawat pada orang dewasa bisa dikarenakan dua sebab, yaitu adanya kelainan pada kulit dan kondisi kulit.

"Itu ada yang bilang karena patologis ada kelainan tapi ada yang bilang karena memang kondisi kulit yang seperti itu," ucap dr Laksmi ketika dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Bekas Jerawat Hilang Tanpa Perlu Biaya Mahal

dr Laksmi menjelaskan jerawat yang tidak hilang pada orang dewasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya produksi hormon yang masih banyak atau kondisi bakteri di permukaan wajah.

Selain itu, bisa juga dikarenakan sumbatan yang terjadi di pori-pori wajah. Ia memberi contoh misalnya wajah yang terkena paparan debu atau kosmetik yang tidak dibersihkan. "Jadi itu masalah kebersihan juga, jangan lupa dibersihkan," imbuh dr Laksmi.

Sementara dikutip dari Journal of the American Academy of Dermatology penelitian oleh Bergamo menyebutkan bahwa munculnya jerawat pada orang dewasa bukan semata disebabkan oleh hormonal. Makanan yang dikonsumsi bisa juga berkaitan dengan jerawat.

Penelitian yang dilakukan oleh Study Center of The Italian Group for Epidemiologic Research in Dermatology menyebutkan makanan dengan indeks glikemi tinggi seperti roti tawar, keripik dan nasi disebut sebagai penyebab munculnya jerawat saat dewasa.

Makanan-makanan tersebut dilaporkan dapat menaikkan kadar gula darah. Karena tubuh harus mengimbangi banyaknya gula yang masuk, muncul lah peradangan dan peningkatan hormon yang berperan di balik aktivitas kelenjar minyak di kulit.

Baca juga: Orang Dewasa Pun Bisa Jerawatan, Cek Penyebabnya

(wdw/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit