detikhealth

Sesaat Sebelum Melahirkan, Dokter Ini Masih Sempat Bantu Persalinan Pasien

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 01/08/2017 13:05 WIB
Sesaat Sebelum Melahirkan, Dokter Ini Masih Sempat Bantu Persalinan PasienMeski akan segera melahirkan, Amanda terpanggil sebagai seorang dokter untuk menolong pasien yang membutuhkan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Ketika seorang ibu akan segera melahirkan, ia biasanya diminta untuk berkonsentrasi penuh memperhatikan kontraksi dan bersiap-siap menyambut kelahiran sang bayi. Sangat minim atau bahkan mungkin tak ada kesempatan lagi bagi sang ibu untuk memikirkan hal-hal lain.

Namun tidak demikian halnya bagi Amanda Hess dari Kentucky. Amanda adalah seorang dokter kandungan yang akan segera melahirkan di sebuah rumah sakit. Namun sesaat sebelum bersalin, ia justru mendengar ada pasien ibu hamil yang mengalami kesulitan di ruangan sebelah.

"Bayi ibu itu akan segera keluar dan dia butuh pertolongan! Dokter kandungannya sedang dalam perjalanan tapi karena dr Hess juga seorang dokter dia tahu persis bahwa sang bayi butuh pertolongan sekarang," ungkap dr Hala Sabry dari Physician Moms Group seperti dikutip dari halaman Facebook-nya, Selasa (1/8/2017).

Baca juga: Berbekal Instruksi Via Telepon, Ibu Ini Melahirkan di Jalan

Dengan masih menggunakan gaun pasien, Amanda mengganti sendalnya dengan sepatu boots lalu bergegas membantu si ibu hamil di ruangan sebelah. Dengan semampunya Amanda berhasil membantu persalinan dan tidak lama kemudian ia sendiri mengalami kontraksi.

"Dia benar-benar bekerja hingga detik-detik terakhir," kata dr Hala.

Amanda akhirnya juga sukses melahirkan anak keduanya dengan selamat. Sambil bercanda ia mengaku membantu orang lain melahirkan jauh lebih mudah dibandingkan mengalami persalinan itu sendiri.

Keluarga pasien yang dibantu oleh Amanda pun mengucapkan apresiasinya. "Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Amanda untuk keluarga saya. Aksinya itu memberitahu banyak hal tentangnya sebagai seorang wanita, ibu dan dokter," ungkap sang pasien yang diketahui bernama Halliday Johnson.

Baca juga: Hendak Melahirkan, Ibu Ini Harus Jalan Seharian ke Puskesmas(fds/lll)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit