detikhealth

Fakta Mencengangkan di Balik Tradisi Tiup Lilin Ultah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 02/08/2017 05:27 WIB
Fakta Mencengangkan di Balik Tradisi Tiup Lilin UltahFoto: iStock
Jakarta, Banyak orang sangat perhatian soal kebersihan, sampai-sampai tidak mau mengambil kembali makanan yang jatuh ke lantai. Namun rasa-rasanya, tidak pernah ada yang peduli betapa tingginya risiko kontaminasi bakteri pada kue ulang tahun.

Sebuah penelitian menyebut bahwa tiup lilin saat ultah punya risiko menyebarkan bakteri dari mulut ke makanan. HPenelitian tersebut mengatakan, jumlah bakteri di kue ultah meningkat 1.400 persen usai prosesi tiup lilin.

Beberapa orang memang tidak menyebarkan bakteri, atau sangat minimal, ketika meniup lilin ultah. Namun sebagian yang lain, menurut para ilmuwan bisa menyebarkan banyak sekali bakteri.

Baca juga: Tak Diduga, Benda-benda Ini Jadi 'Gudangnya' Kuman dan Bakteri

Walau demikian, Paul Dawson dari Clemson University menyebut hal itu bukan masalah serius bagi kesehatan.

"Kenyataannya, jika kamu melakukannya 100.000 kali, maka risiko untuk jatuh sakit mungkin sangat minimal," katanya seperti dikutip dari Health.com.

Selama yang meniup lilin adalah seseorang yang sedang dalam kondisi sehat, sepertinya temuan tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun jika ternyata ada yang mengeluh ada masalah pencernaan seusai pesta ulang tahun, paling tidak bisa dikira-kira apa kemungkinan penyebabnya.

Baca juga: Kuman Saat Bersin Tak Ditutup: Meluncur 3 Meter, Bertahan 45 Menit

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit