detikhealth
Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Gampang Curhat ke Orang Lain, Ada yang Salah dengan Kejiwaan?

Rabu, 02/08/2017 20:15 WIB
Gampang Curhat ke Orang Lain, Ada yang Salah dengan Kejiwaan?Ilustrasi wanita yang gampang curhat dengan orang lain/Foto: thinkstock
Dok, saya seseorang yang sangat terbuka. Di mana jika ada masalah sedikit saya langsung bercerita kepada siapa saja dan terkadang kepada orang yang baru saya kenal. Dan ceritanya bukan cerita biasa mungkin bisa masalah rumah tangga saya. Saya setiap setelah melakukan ini selalu merasa menyesal dan tidak paham terhadap apa yang terjadi. Apa yang salah dengan kejiwaan saya Dok? Kenapa saya terlalu terbuka?

Melati (Perempuan, 25 tahun)

Jawaban

Melati yang baik,

Orang memang membutuhkan tempat cerita. Manusia adalah sewajarnya makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dan apresiasi orang lain. Itulah mengapa kita senang jika kita didukung oleh orang lain. Ketika Melati bercerita tentang masalah Anda, mungkin awalnya ingin mengurangi beban yang dialami saat ini, kadang mungkin ingin mendapatkan dukungan walaupun terkadang hal tersebut tidak disadari.

Ketika Melati mendapatkan orang yang mau mendengarkan maka sering jadi lupa bahwa ada hal-hal yang mungkin orang tersebut tidak boleh tahu seperti isi dalam rumah tangga, hanya mungkin karena Melati senang cerita maka tanpa sadar melakukan itu.

Perlu dipahami diri sendiri tentang apa yang boleh dan tidak boleh saat bercerita mengenai pribadi sendiri agar tidak kebablasan saat cerita. Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
http://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close