detikhealth

Gimana Nggak Stres, Begini Gaya Hidup Elon Musk si Bos Tesla

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Kamis, 03/08/2017 14:38 WIB
Gimana Nggak Stres, Begini Gaya Hidup Elon Musk si Bos TeslaGaya hidup Elon Musk yang tidak sehat diduga juga menjadi salah satu pemicu stresnya. (Foto: Elon Musk)
Jakarta, Elon Musk merupakan salah satu CEO tersibuk di dunia yang membawahi dua perusahaan sekaligus, Tesla dan SpaceX ditambah sederet nama proyek lain yang digelutinya. Oleh karena itu jam kerjanya bisa mencapai 80-100 jam dalam sepekan.

Hal inilah yang kemudian disebut menghalangi pria berusia 46 tahun itu untuk menyempatkan waktu melakukan aktivitas lainnya, seperti berolahraga.

Dalam sebuah wawancara dengan Business Insider, Musk mengaku berolahraga satu atau dua kali sepekan. Tetapi ia menyadari jika olahraga belum menjadi rutinitas baginya, dan ia mengaku seharusnya bisa melakukan lebih dari itu.

Namun ketika ada waktu untuk melakukannya, maka pilihan olahraga Musk adalah treadmill atau angkat beban. Ia juga penggemar olahraga ekstrem yang bisa memacu adrenalinnya. Hal ini pernah dibuktikan Musk di tahun 2015 lalu saat mencoba melakukan 'wingwalk' atau berdiri di atas sayap pesawat yang sedang terbang.

Meski gila kerja, Musk memastikan ia tidur rata-rata selama 6-6,5 jam dalam sehari. Hanya saja ia seringkali baru berangkat tidur pada dini hari yaitu sekitar jam 1 malam.

"Meski saya bisa hanya tidur beberapa jam, tetapi tak banyak yang bisa saya lakukan ketika terjaga. Saya malah menjadi mudah marah jika kurang tidur dan ketajaman mental saya akan menurun," tuturnya dalam sebuah wawancara di tahun 2013.
Gimana Nggak Stres, Begini Gaya Hidup Elon Musk si Bos TeslaElon Musk dikenal gila kerja. Jam kerjanya saja mencapai 80-100 jam perpekan. (Foto: istimewa)

Baca juga: Elon Musk Mengaku Bipolar, Diduga Ini Penyebabnya

Agar bisa tetap melek saat menjalankan dua perusahaan, Musk mengaku mengandalkan kafein sebagai 'rekan kerjanya'. Bahkan konon ayah dari 5 anak ini pernah memiliki kebiasaan mengonsumsi 8 kaleng Diet Coke dan beberapa cangkir kopi dalam sehari.

Akan tetapi sejak penglihatannya mulai terganggu karena konsumsi stimulan yang berlebihan tersebut, Musk mulai sadar dan menguranginya.

"Saya menjadi sangat bersemangat (karena kafein, red) hingga akhirnya saya merasa mulai kehilangan penglihatan periferal saya. Untuk itu sekarang di kantor saya hanya tersedia Coke bebas kafein," tuturnya kepada Inc.com.

Baca juga: Olahraga Berlebihan Bisa Picu Gejala Mania pada Bipolar

Tak hanya itu, salah satu pendiri PayPal ini juga paling benci liburan. Gara-garanya ia pernah nyaris menghembuskan nafas terakhirnya akibat malaria di tahun 2000 saat berlibur ke Brazil dan Afrika Selatan.

"Itulah pelajaran yang kudapatkan dari berlibur: liburan akan membunuhmu," katanya.

Bisa jadi satu-satunya kebiasaan baik Musk yang bisa ditiru hanyalah membaca buku. Sejak kecil pria kelahiran Afrika Selatan ini memang gemar membaca, bahkan ia sanggup menghabiskan waktu selama 10 jam sehari hanya untuk itu. Sedangkan hobinya yang lain adalah bermain video games.

"Saya juga mendengarkan di dalam mobil. Kadang-kadang nonton film, bermain bersama anak-anak, bertemu teman, normal saja. Kadang 'menggila' di Twitter'. Tapi kebanyakan waktu saya hanya untuk bekerja," tutupnya seperti dikutip dari Quartz.com.

Baca juga: Surprise! Bos Tesla Elon Musk Mengaku Idap Gangguan Bipolar(lll/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit