detikhealth

Tora Sudiro Ditangkap dengan 30 Butir Dumolid, Obat Apakah Itu?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 03/08/2017 15:44 WIB
Tora Sudiro Ditangkap dengan 30 Butir Dumolid, Obat Apakah Itu?Foto: Dok. Instagram/t_orasudi_ro
Jakarta, Aktor Tora Sudiro ditangkap polisi bersama istrinya, Mieke Amalia di rumahnya di Tangerang Selatan. Kedua selebritis ini menyimpan 30 butir Dumolid.

"Itu dumolid 30 butir, jadi 3 strip. Ini pengembangan dari kita nangkap 3 minggu yang lalu, pengembangan saja," ujar Kasat Narkoba Polres Jaksel Kompol Vivick Tjangkung, seperti dikutip dari detiknews.

Dumolid merupakan obat penenang jenis benzodiazepine, dengan kandungan aktif nitrazepam. Obat ini bersifat psikoaktif. Seperti halnya obat-obat psikotropika lainnya, penggunaannya harus dengan resep dokter.

Di dunia medis, obat ini dipakai untuk mengobati insomnia dan bekerja langsung di otak dan sistem saraf pusat.


Baca juga: Tora Sudiro dan Mieke Ditangkap, Polisi Temukan 30 Butir Dumolid

Dumolid termasuk obat penenang yang sering disalahgunakan. Dikutip dari drugrehabilitation.net, penggunaan secara ilegal tidak hanya berisiko memunculkan efek samping, melainkan juga kematian akibat overdosis.

Seseorang yang mengalami kecanduan obat ini biasanya mengalami perubahan perilaku. Pola tidur terganggu, dan punya kecenderungan berbuat kriminal sebagai efek dari kecanduan, yang artinya akan selalu ingin mendapatkan obat ini dengan cara apapun.

Dumolid (Nitrazepam) biasanya dipakai untuk mengobati insomniaDumolid (Nitrazepam) biasanya dipakai untuk mengobati insomnia.


Baca juga: Tentang Obat Penenang Dumolid

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit