detikhealth
Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Lebih dari Satu Tahun Menikah, Pasutri Ini Tidak Pernah Bercinta

Kamis, 03/08/2017 19:43 WIB
Lebih dari Satu Tahun Menikah, Pasutri Ini Tidak Pernah BercintaFoto: Thinkstock
Dear Dokter, saya wanita berusia dua puluh tujuh tahun. Saya menikah dengan suami beda satu tahun. Artinya suami saya sekarang berusia dua puluh delapan tahun. Kami sudah menikah selama satu setengah tahun namun kami sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual secara benar. Hanya sebatas di-foreplay saja.

Saat malam pertama kami sudah mencoba namun suami kesulitan untuk ereksi hingga hari ketiga. Dari situ suami saya menjadi tertutup terhadap hubungan seksual, mungkin dia malu. Saya ajak diskusi sampai ke dokter beliau menolak. Apa yang harus saya lakukan Dok? Terimakasih.

L (Perempuan, 27 tahun)

Jawaban

Terlampau dini untuk menganggap suami Anda mengalami disfungsi ereksi permanen hingga memicu negasi (penolakan) ML yang permanen juga.

Mengingat usia Anda dan suami relatif muda, 28 dan 27 tahun, maka 'surprised moment' dalam proses hidup Anda masih mungkin terjadi yang membawa Anda dan suami menuju kebahagiaan keluarga.

Untuk meyakinkan suami bahwa ketidakmampuan ereksi dan ML pada malam pertama, adalah suatu hal yang lumrah terjadi pada pasangan muda, sebaiknya Anda minta juga bantuan motivasi dari 'orang ke-3' yang profesional yaitu psikolog. Agar suami secara bertahap bisa berubah persepsinya.

Bagaimanapun esensi cinta suami istri adalah menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing pribadi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/lll)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close