detikhealth

Aneh! Dokter Mengeluh Susah Cari, Dumolid Justru Banyak Dijual Online

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 03/08/2017 19:53 WIB
Aneh! Dokter Mengeluh Susah Cari, Dumolid Justru Banyak Dijual OnlineDumodil atau nitrazepam dapat ditemukan dengan mudah di berbagai lapak online. (Foto: Screenshoot)
Jakarta, Dumolid atau nitrazepam banyak disalahgunakan, bahkan dijual secara online meski statusnya obat keras. Anehnya, dokter justru jarang meresepkan obat ini karena memang sulit didapat.

"Itu (Dumolid) obat resep dari dokter dan sekarang sulit ditemukan dan jarang digunakan," kata dr Andri, SpKJ, psikiater dari RS Omni Alam Sutra kepada detikHealth.

"Di apotek, rumah sakit, juga sudah nggak ada. Sudah lebih dari hampir 3 tahun," tambah dr Andri.

Ironisnya, obat yang termasuk psikotropika golongan IV ini bisa ditemukan dengan mudah di lapak-lapak online. Beberapa situs menawarkan obat buatan Actavis Indonesia ini dengan harga sekitar Rp 130.000 - 150.000 tiap 1 strip isi 10 tablet.
Aneh! Dokter Mengeluh Susah Cari, Dumolid Justru Banyak Dijual <I>Online</I>Dumolid atau nitrazepam jarang diresepkan dokter karena sulit didapat. Namun nyatanya obat ini banyak dijual di lapak online. (Foto: Screenshoot)

Baca juga: Waduh, Obat Keras Dumolid Banyak Dijual Online!


Penyalahgunaan Dumolid kembali mencuat setelah aktor Tora Sudiro tertangkap polisi bersama istrinya, Mieke Amalia. Mereka kedapatan memiliki 30 butir Dumolid, yang menurut pengakuan Tora dikonsumsi untuk mengatasi susah tidur.

Dumolid merupakan obat penenang golongan benzodiazepine, dengan kandungan zat aktif nitrazepam. Obat ini bersifat psikoaktif dan bekerja di sistem saraf pusat. Penggunaannya harus menggunakan resep dokter.

Baca juga: Tora Sudiro dan Mieke Ditangkap, Polisi Temukan 30 Butir Dumolid(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close