detikhealth

Artikel 18+

Bahayanya Memasukkan Spons Makeup Agar Bisa Bercinta Saat Datang Bulan

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 05:23 WIB
Bahayanya Memasukkan Spons Makeup Agar Bisa Bercinta Saat Datang BulanBerhubungan seks saat sedang datang bulan sangat tidak dianjurkan (Foto: thinkstock)
Jakarta, Jangan masukkan benda asing ke dalam vagina, itu mungkin hal yang masuk akal bagi sebagian besar orang. Namun kadang karena berbagai alasan ada saja wanita yang tidak mempedulikannya.

Di internet kini bahkan beredar petunjuk instruksi bagaimana memasukkan sponge makeup ke dalam vagina. Tujuannya agar sponge jadi penyerap sehingga wanita yang masih menstruasi bisa nyaman bercinta tanpa darah ke mana-mana.

Baca juga: Membedakan Perdarahan Karena Menstruasi dengan Penyebab Lainnya

"Masukkan saja satu satu atau dua sponge ke dalam serviks maka Anda bisa bercinta dengan aman selama beberapa jam. Sponge ini akan menghangat dengan cepat dan rasanya seperti vagina terutama ketika sudah basah," tulis sebuah artikel di Lifehacker.

Menanggapi hal ini spesialis kandungan dr Jen Gunter mengatakan bahwa sponge makeup bukan untuk dimasukkan ke dalam vagina. dr Jen sangat tidak menyarankannya karena berpotensi menimbulkan sindrom keracunan (toxic shock syndrome).

Bahan yang digunakan pada sponge makeup berbeda dengan tampon atau pembalut yang memang setiap detailnya sudah diperhatikan untuk bisa dipakai bersentuhan dengan vagina. Pada sponge makeup ada kemungkinan bakteri dapat tumbuh di dalamnya.

"Hipotesisnya ada kemungkinan bakteri menyukai busa poliester, agen gel, atau keduanya. Sifat absorbsi sponge dapat membantu pertumbuhan bakteri karena lebih banyak oksigen terperangkap di dalamnya dibandingkan tampon dari katun atau rayon," tulis dr Jen seperti dikutip dari blog pribadinya pada Kamis (3/8/2017).

Baca juga: Risiko Nekat Bercinta Saat Haid: Terjadi Infeksi Hingga Endometriosis

(fds/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit