detikhealth

Sakit Hati Gebetan Pacaran dengan Orang Lain? Ini Kata Psikolog

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 16:35 WIB
Sakit Hati Gebetan Pacaran dengan Orang Lain? Ini Kata PsikologKecewa karena gagal dalam hubungan asmara? Wajar kok tapi jangan lama-lama ya! (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pada fase pendekatan atau sering disebut PDKT, sepasang pria dan wanita akan lebih intens dalam berkomunikasi. Komunikasi yang lebih intens pun lama-lama bisa menimbulkan perasaan jatuh cinta.

Jatuh cinta memang perasaan yang menyenangkan dan terkadang kita tidak bisa memilih dengan siapa kita jatuh cinta. Namun memang tidak semua berakhir indah, ketika sedang bersemi rasa cinta mungkin saja salah satunya malah menjalin kasih dengan orang lain. Sakit hati?

Menanggapi permasalahan tersebut, psikolog dari Tiga Generasi Sri Juwita Kusumawardhani, MPsi mengatakan bahwa sakit hati ketika memiliki harapan tinggi pada seseorang lalu dikecewakan adalah hal yang wajar.

"Pasti sakit hati sih, kan kitanya juga sudah investasi waktu dan perasaan," ungkapnya kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Sudah Putus Cinta, Haruskah Hapus Kontak dan Media Sosial Mantan?

Menyimpan perasaan cinta kepada orang lain bisa menyebabkan kekecewaan karena harapan tidak berbanding lurus dengan kenyataan. "Nah, lain kali set target berapa lama waktu untuk pdkt, kalau sudah lewat deadline, ditanya saja niatnya mau serius berhubungan atau gimana," jelas wanita yang akrab disapa Wita.

Menurut Wita komunikasi yang baik sangat penting dalam suatu hubungan. Bersikap tegas juga sangat diperlukan agar perasaan tidak diremehkan oleh orang lain.

"Kalau kitanya diam saja, si cowok pikir kitanya nggak kenapa-kenapa kalau nggak ada status. Kalau memang cowoknya nggak bisa tegas, kitanya yang harus tegas, cari yang pasti," kata Wita.

Wita juga menyarankan untuk lebih menyayangi diri sendiri ketimbang orang lain agar dipertemukan dengan orang yang tepat dan mampu menyayangi kita.

"Masalahnya mau berapa lama sakit hati? Jangan lama-lama, kita sendiri yang rugi. Dia sudah bahagia sama orang lain, kita masih nangisin dia saja," pungkasnya.

Baca juga: Kata Psikolog Soal Undang Mantan ke Acara Pernikahan(wdw/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit