detikhealth
Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi

Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/

Menghadapi Istri yang Sering Curigaan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 16:47 WIB
Menghadapi Istri yang Sering CurigaanIlustrasi suami menghadapi istri yang sering curigaan/Foto: thinkstock
Jakarta, Saya sudah menikah dua tahun tapi terkadang saya merasa tidak nyaman dengan istri yang sering curigaan dengan saya, takut kalau saya ada hubungan dengan wanita lain padahal saya tidak pernah ada hubungan dengan wanita lain.

Saya pernah bilang ke istri jangan sering curigaan sama suami sendiri karena bawaannya lelah dan stres juga saya kalau sering dicurigain. Istri saya bilang kalau dia takut seperti kedua kakak perempuanya yang suaminya pernah selingkuh dan karena itu jadi berdampak ke saya.

Setiap handphone saya bergetar atau ada telepon masuk istri saya langsung cek handphone saya atau tanya ke saya tadi telepon dari siapa. Kalau ada ajakan kumpul-kumpul sama teman saya tidak pernah ikut padahal saya terkadang pengin ikut juga, tapi karena takut nanti istri saya curiga kalau saya kumpulnya sama teman wanita lebih baik saya nggak ikut.

Apakah sikap istri saya itu wajar? Dan saya harus bagaimana menyikapi istri yang seperti itu? Terimakasih. Wassalam.

A (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Dear Pak A,

Pada kebanyakan kasus seperti ini, sumber masalahnya tidak selalu berasal dari orang yang dicurigai (dalam hal ini Anda), namun pasangan Anda memang sulit untuk percaya pada orang lain. Permasalahan yang dihadapi kedua kakak istri Anda memang bisa jadi salah satu faktor yang mengakibatkan adanya secondary trauma. Namun, seringkali isu kepercayaan sebenarnya sudah ada sebelumnya. Kejadian pada kedua kakak bisa jadi hanya merupakan pemicu ketidakpercayaan tersebut muncul ke permukaan.

Tidak mudah memang dicurigai oleh pasangan sendiri. Bisa dipahami jika Anda merasa lelah dan stres dalam menghadapi pasangan Anda. Menghindari masalah dengan tidak melakukan hal yang bisa memunculkan adanya kecurigaan atau pertengkaran memang biasanya jadi salah satu alternatif solusi. Namun, jika ini dilakukan ketika salah satu pihak merasakan adanya 'keterpaksaan', biasanya akan memicu pertengkaran lain yang bisa jadi tidak berhubungan. Pertanyaannya sampai kapan hal ini akan berlangsung, bukan? Apalagi Anda saat ini juga sudah mulai merasa tidak nyaman.

Menghadapi pasangan yang curiga seperti ini memang tidak bisa secara frontal. Di sisi lain, Anda tetap perlu menetapkan batasan-batasan. Setiap pasangan tetap berhak untuk memiliki ruang pribadi, entah itu berkaitan dengan barang-barangnya maupun waktu untuk dirinya sendiri (me time).

Sampaikan kecurigaan pasangan terhadap Anda sudah mulai membuat Anda merasa tidak nyaman, diskusikan apa yang bisa dilakukan. Misalnya, pasangan boleh mengecek telepon genggam namun dengan seizin Anda. Jika ada percakapan yang membuat pasangan tidak nyaman, dikomunikasikan dengan pertanyaan dan bukan berupa tuduhan. Anda berhak untuk tidak memberikan respon jika pasangan bersikap reaktif.

Bolehkan Anda mengobrol dengan perempuan lain atau pergi bersama teman-teman Anda? Kalau memang ada keperluannya, tentu saja boleh. Pasangan mungkin cemburu dan menuduh macam-macam. Sampaikan bahwa perempuan tersebut tidak semenarik dirinya dan Anda sudah memilih ia sebagai pasangan Anda. Di saat santai, diskusikan juga sejauh mana pasangan melihat hubungan laki-laki dan perempuan masih dianggap wajar. Tidak jarang masalah terjadi karena adanya perbedaan persepsi antara pasangan suami istri mengenai batasan wajar atau tidak wajar dalam sebuah hubungan yang dapat memicu perselingkuhan.

Jika, diskusi Anda tidak membuahkan hasil dan membuat hubungan menjadi semakin memburuk, sebaiknya konsultasikan masalah Anda kepada profesional. Bisa jadi masalah yang terlihat memang tidak menggambarkan masalah sebenarnya.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
http://pranikah.org/(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close