detikhealth

Menebak-nebak Istilah 'Mag Akut', Kondisi yang Diidap Ryan Thamrin

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 18:12 WIB
Menebak-nebak Istilah Mag Akut, Kondisi yang Diidap Ryan ThamrinPemahaman yang berbeda-beda membuat istilah mag akut jadi agak membingungkan (Foto: thinkstock)
Jakarta, Pembawa acara Dr OZ Indonesia, dr Ryan Thamrin meninggal di usia 39 tahun. Keluarga menyebut, sang dokter yang juga mantan cover boy ini mengidap mag akut.

"Ryan Thamrin selama ini mengeluhkan sakit mag akut," kata Doni, sepupu dr Ryan seperti dikutip dari detiknews.

Baca juga: dr Ryan Thamrin Alami Mag Akut Setahun Terakhir

Dalam Bahasa Belanda, 'mag' atau 'maag' berarti lambung. Orang awam menggunakan istilah 'sakit mag' untuk menyebut radang lambung, yang dalam istilah medis disebut gastritis. Kondisi semacam ini biasanya memburuk saat terjadi peningkatan kadar asam lambung.

Kadang, istilah sakit mag dipakai juga untuk keluhan lambung lainnya seperti dyspepsia. Perut begah, nyeri dada akibat kenaikan asam lambung, mulas dan melilit-lilit, atau perasaan tidak nyaman lainnya di lambung, merupakan berbagai kondisi yang termasuk dalam keluhan dyspepsia atau disebut juga 'sakit mag'.

Baca juga: Lula Kamal Sebut Ryan Thamrin 'Dr OZ' Memang Sakit Sejak Tahun Lalu

Pembawa acara Dr OZ Indonesia, almarhum dr Ryan Thamrin dikabarkan mengidap mag akutPembawa acara Dr OZ Indonesia, almarhum dr Ryan Thamrin dikabarkan mengidap mag akut (Foto: Chaidir-detikcom)


Sedangkan istilah 'akut', di dunia medis dipakai untuk menyebut kondisi yang berlangsung singkat. Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA) misalnya, merupakan gangguan pernapasan yang berlangsung kurang dari 2 pekan. Sebaliknya, kondisi penyakit yang berlangsung lama atau menahun disebut dengan istilah 'kronis'.

Dalam keseharian, istilah 'akut' juga sering mengalami pergeseran makna. Tidak jarang, orang awam menyebut istilah 'akut' untuk menggambarkan kondisi yang sangat parah. 'Mag akut', sering disalahartikan sebagai 'sakit mag yang sangat parah'.

Padahal, istilah akut atau kronis tidak berhubungan dengan tingkat keparahan suatu penyakit, melainkan lebih terkait dengan durasinya. Dikatakan 'akut' jika berlangsung singkat, dan 'kronis' jika menahun atau berlangsung sangat lama.

Baca juga: Keluarga Bantah dr Ryan Thamrin Meninggal karena Jatuh di Toilet

(up/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit