detikhealth

Terlalu Manis Tak Baik untuk Kesehatan Jiwa

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 19:40 WIB
Terlalu Manis Tak Baik untuk Kesehatan JiwaGula darah yang berlebihan di dalam tubuh berdampak buruk untuk otak. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Makanan manis sering dipilih sebagai cemilan di tengah kejenuhan atau di waktu luang. Namun menurut penelitian, makan manis justru membuat seseorang jadi makin galau, setidaknya untuk para pria.

Mengapa bisa demikian? Tim peneliti dari University College London menemukan fakta ini setelah mengamati pola makan 5.000 pria dan 2.000 wanita selama 22 tahun.

Ternyata responden yang mengonsumsi gula paling banyak selama studi dilakukan, baik dari makanan maupun minuman, yaitu sebanyak 67 gram atau lebih dalam sehari, berpeluang 23 persen lebih tinggi untuk mengalami gangguan mental daripada yang hanya mengonsumsi gula sebanyak 39,5 gram perharinya.

Baca juga: Hobi Makan di Luar Rumah? Waspada Risiko Obesitas dan Diabetes Meningkat

Menariknya, ini hanya ditemukan pada responden pria, bukan wanita. "Kami tidak menemukan keterkaitan ini pada wanita, setidaknya tidak sekuat pada pria. Tetapi kami tidak tahu mengapa," ungkap ketua tim peneliti, Anika Knuppel seperti dilaporkan The Guardian.

Menurut peneliti, konsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat menurunkan kadar 'brain derived neurotrophic factor' (BDNF), protein yang membantu perkembangan sel-sel otak. Penurunan kadar protein ini juga bisa memicu peradangan yang sering dikaitkan dengan gejala depresif.

Selain itu, konsumsi gula berlebih juga dapat mengganggu respons insulin dalam tubuh seseorang, yang berakibat pada gangguan hormonal serta mood.

Namun peneliti tidak dapat memastikan apakah dengan mengurangi konsumsi gula juga bisa mengurangi gejala gangguan mental seperti depresi dan ansietas (gangguan kecemasan).

Meski demikian, mengurangi konsumsi gula, utamanya gula tambahan, diklaim dapat mencegah kondisi mental ini. Rekomendasinya adalah kurang dari 10 persen asupan kalori harian atau berkisar 50 gram saja.

Baca juga: Jangan Dibiasakan, Tidur dengan TV Menyala Bisa Bikin Depresi Lho!(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit