detikhealth

Kata Dokter Terkait Penyakit Mag yang Sebabkan Ryan Thamrin Meninggal

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 20:08 WIB
Kata Dokter Terkait Penyakit Mag yang Sebabkan Ryan Thamrin MeninggalKadang gejala penyakit jantung bisa sama seperti mag. (Foto: Dok. Instagram/dr_ryanthamrin)
Jakarta, Baru-baru ini dr Ryan Thamrin yang terkenal sebagai pembawa acara dr OZ Indonesia meninggal dunia di Pekanbaru. Pihak keluarga mengkonfirmasi kematian dr Ryan disebabkan oleh penyakit mag akut yang sudah dideritanya sejak satu tahun terakhir ini.

Menanggapi hal ini, dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH mengatakan bahwa penyakit mag tidak akan menyebabkan seseorang meninggal dunia. Sebab asam lambung dikatakannya tidak akan pernah menyerang jantung.

"Nggak relavan sih antara kematian dengan penyakit mag. Jadi kalau baru usia 38 tahun meninggal karena sakit mag itu enggak akan," ucap dr Hendra ketika dihubungi detikHealth, Jumat (4/8/2017).

Lebih lanjut, dr Hendra menduga bahwa penyebab kematian dr Ryan disebabkan oleh faktor risiko lain misalnya penyakit jantung. Sebab menurutnya, penyakit jantung memiliki gejala yang hampir sama dengan sakit mag.

Baca juga: Menyoal Asam Lambung yang Disebut Pemicu Kematian Elsa di Palembang

"Penyakit jantung pada usia muda memang jarang sebenarnya. Tapi ada kemungkinan kecil. Bisa juga karena pelebaran pembuluh darah di otak," sambung dokter yang praktik di RS Mayapada ini.

Namun ia kembali mengingatkan bahwa hal tersebut hanya spekulasi medis. Sebab mendiagnosis kematian seseorang tidak bisa dilakukan hanya berdasarkan cerita. "Nggak bisa diagnosis hanya berdasarkan cerita," pungkas dr Hendra.

Baca juga: Jean Patty Meninggal, Dokter Sebut Asam Lambung Tidak Mematikan(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit