detikhealth

Terpopuler detikHealth

Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag Akut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 05/08/2017 07:44 WIB
Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag AkutPemakaman dr Ryan Thamrin (Chaidir-detikcom)
Jakarta, Dugaan penyalahgunaan obat penenang Dumolid alias nitrazepam oleh pasangan artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia masih menjadi perbincangan sepanjang Jumat (4/8) kemarin. Kabar meninggalnya host Dr OZ Indoneisa, dr Ryan Thamrin turut meramaikan perbincangan soal kesehatan.

Dumolid, obat penenang golongan benzodiazepine dengan kandungan nitrazepam banyak disalahgunakan dan bahkan banyak dijual di lapak-lapak online. Padahal, psikotropika golongan IV ini seharusnya hanya bisa dibeli dengan resep dokter.

Baca juga: Fakta-fakta Dumolid, Obat Penenang yang Menjerat Tora Sudiro

Anehnya, para dokter justru mengaku kesulitan mendapatkan obat ini di jalur resmi. Seorang dokter spesialis kejiwaan menyebut, sudah beberapa tahun belakangan obat ini sulit dicari baik di apotek maupun rumah sakit. Di kalangan dokter, obat ini dipakai untuk mengatasi insomnia dan kegelisahan.

Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan BPOM, Dra Rita Endang, Apt., MKes memastikan Dumolid tidak ditarik dari peredaran. Produk ini masih terdaftar di BPOM, tetapi memang tidak boleh dijual sembarangan. Harus dengan resep dokter, dan dibeli di apotek yang memiliki izin.

"Tentu ilegal, adanya penjualan secara online ini adalah kejahatan," tegas Rita.

Tora Sudiro Terjerat Dumolid, Ryan Thamrin Mengidap Mag AkutDumolid dengan kandungan zat aktif Nitrazepam merupakan produk yang terdaftar di BPOM, tapi sering disalahgunakan (Foto: Screenshoot)


Baca juga: Marak Dumolid Ilegal Dijual Online, BPOM: Itu Kejahatan!

Sementara itu kabar duka datang dari pembawa acara Dr Oz Indonesia, dr Ryan Thamrin. Dokter berusia 39 tahun ini meninggal setelah hampir setahun absen dari acara yang mempopulerkan namanya tersebut.

Sahabat sesama dokter, dr Lula Kamal menyebut dr Ryan memang sakit sejak setahun lalu. Sedangkan seorang kerabat, Dodi menyebut dokter yang juga mantan cover boy tersebut mengidap mag akut. Sumber mengatakan, ada benjolan juga di kepalanya.

Baca juga: Lula Kamal Sebut Ryan Thamrin 'Dr OZ' Memang Sakit Sejak Tahun Lalu

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit