detikhealth

Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Sudah Sembuh dari Gangguan Kejiwaan, Haruskah Konsumsi Obat Lagi?

Senin, 07/08/2017 11:40 WIB
Sudah Sembuh dari Gangguan Kejiwaan, Haruskah Konsumsi Obat Lagi?Konsumsi obat pada pasien gangguan kejiwaan diperlukan untuk mengontrol gejalanya. (Foto: thinkstock)
Dok, bapak saya sudah meminum obat dari rumah sakit jiwa kurang lebih 15 tahun dan 1 tahun belakangan ini sudah berhenti. Kondisi sekarang alhamdulillah tenang jarang gelisah.

Pertanyaannya haruskah bapak saya meminum obat lagi? Jika dihentikan tidak akan memberikan efek? Kalau berhenti total minum obatnya boleh? Minta saran agar bapak saya dapat sembuh total. Terimakasih sebesar-besarnya, semoga Dokter selalu diberikan kesembuhan.

Firman (Laki-laki, 19 tahun)

Jawaban

Firman yang baik,

Terimakasih sudah begitu perhatian dengan bapakmu yang mengalami gangguan kejiwaan. Hal yang kamu tanyakan sebaiknya ditanyakan kepada dokter yang merawat bapak selama ini karena beliau yang pasti lebih memahami tentang kondisi bapakmu.

Banyak macam gangguan jiwa yang bila seseorang mengalaminya disarankan untuk tetap minum obat dalam jangka waktu tertentu bahkan seumur hidup. Hal ini untuk mengurangi kekambuhan karena jika kambuh pada beberapa kasus akan terjadi kesulitan untuk kembali baik seperti awal atau membutuhkan waktu yang lebih lama.

Istilah sembuh total pada kasus gangguan jiwa perlu digarisbawahi seperti beberapa gangguan medis kronik misalnya hipertensi (tekanan darah tinggi), kencing manis (diabetes), asma maka membutuhkan obat dalam jangka waktu lama dan bahkan seumur hidup untuk menjaga dan mengontrol kondisinya agar stabil. Begitu juga beberapa kasus gangguan jiwa.

Untuk itu perlu kerjasama dan pengetahuan yang baik tentang penggunaan obat jangka panjang antara dokter dan pasiennya. Segera tanyakan apakah ada keperluan obat pada psikiater yang merawat ayahmu. Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
https://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit