detikhealth

Studi: Orang dengan Kaki Kurus Punya Risiko Kematian Lebih Tinggi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Senin, 07/08/2017 15:07 WIB
Studi: Orang dengan Kaki Kurus Punya Risiko Kematian Lebih TinggiFoto: Thinkstock
Jakarta, Memiliki kaki yang jenjang dan kurus nampaknya masih menjadi impian banyak wanita. Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh Norbert Stefan, Profesor dari University of Tubingen mengungkap bahwa tidak selamanya impian tersebut bisa membuat kualitas hidup semakin baik.

Dilansir Indian Express, Senin (7/8/2017), penelitian Stefan menyebut orang yang indeks massa tubuhnya normal tapi memiliki kaki yang kurus ternyata meningkatkan risiko kematiannya sebanyak 300 persen. Kenapa demikian?

Stefan mengatakan kaki yang kurus adalah salah satu indikasi bahwa seseorang memiliki metabolisme yang kurang baik. Hal ini kemudian bisa mendatangkan risiko penyakit yang berhubungan dengan kardiometabolik seperti diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Jangan Merasa Aman, Punya Tubuh Kurus Belum Tentu Bebas Penyakit

"Pada orang kurus, masalah yang diturunkan dari gen menyimpan lemak pada anggota tubuh bagian bawah mungkin merupakan faktor penting yang menempatkan mereka pada peningkatan risiko penyakit kardiometabolik," ujar Stefan.

Sejalan dengan penelitian tersebut, beberapa waktu lalu Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) kepada detikHealth juga pernah menuturkan tubuh yang kurus belum tentu bebas penyakit. Sebab ada banyak hal yang bisa membuat seseorang memiliki tubuh kurus seperti karena penyumbatan atau efek dari radikal bebas.

Baca juga: Kaitan Diabetes dan Tubuh Makin Kurus Seperti Dialami Oon 'Project Pop'(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit