detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Posisi 69 Disenangi Istri Tapi Bikin Suami Tak Nyaman

Senin, 07/08/2017 19:07 WIB
Posisi 69 Disenangi Istri Tapi Bikin Suami Tak NyamanFoto: thinkstock
Halo Dokter Andri yang terhormat, saya laki-laki dan sudah menikah. Tapi selama berhubungan badan saya perhatikan istri saya lebih menyukai posisi 69 padahal saya tidak menyukai posisi tersebut karena membuat Mr P saya terasa sakit. Kenapa ya Dok saya merasa sakit saat posisi tersebut? Memangnya ada risiko Dok dari posisi tersebut? Mohon pencerahannya.

A (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban

Dalam istilah ilmu kesehatan seksual (sexual health) posisi 69 diartikan sebagai cara foreplay, di mana sang pria dan wanita saling memberikan rangsang secara simultan.

Akan tetapi dapat dipahami posisi hubungan intim yang Anda maksud. Saat penis ereksi, tegang dan keras, batang penis tidak lentur saat tertekuk ke bawah, hingga terasa nyeri saat ML pada posisi yang Anda maksud. Mr P saat ereksi lebih lentur bila ditekuk, digerakkan ke atas.

Bila istri menyukai posisi tersebut lakukanlah dalam posisi Side by Side (menyamping). Posisi ini akan mengurangi tekukan ke bawah pada batang penis. Jelasnya, jangan dalam posisi Man on Top atau Woman on Top.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit