detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga

Ingin Kurus, Malah Jatuh Sakit karena Olahraga Berlebihan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 08/08/2017 07:09 WIB
Ingin Kurus, Malah Jatuh Sakit karena Olahraga BerlebihanFoto: thinkstock
Jakarta, Halo Dok. Aku kan berat badannya over. Mau diet tapi kesusahan buat cari diet yang tepat. Karena terus terang aku suka banget makan. Akhirnya aku pilih buat selalu olahraga. Seminggu 5 kali dengan durasi 1 jam yang aku bagi 30 menit pagi, 30 menit malam. Tapi ujung-ujungnya jatuh sakit. Apa aku terlalu over?

Sari (19 tahun)

Jawaban

Halo Mbak Sari,

Diet adalah makan tidak sampai kenyang dan bukan berarti tidak boleh makan. Lebih baik lakukan diet dengan makanan yang digemari namun dalam jumlah yang tidak berlebihan. Prinsip kedua yang juga salah dilakukan Mbak Sari adalah berolahraga berat yang akhirnya hanya menghasilkan penurunan massa lemak tetapi tidak pernah menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

Jalan keluarnya adalah kurangi frekuensi dan intensitas latihannya menjadi 3 seminggu dan Sari akan melihat nafsu makan akan menjadi lebih terkendali. Di saat yang sama kurangi semua camilan sedangkan makan tetap 3 kali sehari sehingga energi untuk bekerja tetap terjamin.

Hal penting lainnya adalah jangan pernah putus asa, mulai lagi dengan program yang lebih cocok untuk Mbak dan hal itu lebih menjamin untuk mampu dilakukan dalam jangka panjang.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jaya(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close