detikhealth

True Story

Benar-benar Murid Teladan! Laki-laki Ini Donorkan Ginjal untuk Gurunya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sabtu, 12/08/2017 17:20 WIB
Benar-benar Murid Teladan! Laki-laki Ini Donorkan Ginjal untuk GurunyaMurid ini tunjukkan baktinya pada sang guru dengan mendonorkan ginjalnya (Foto: swns)
Jakarta, Ali Golian yang pada tahun 2010 lalu menjadi murid dari seorang guru radiologi, yaitu Sonia Leonardo. Suami atau istri mungkin bisa jadi mantan, namun tidak ada istilah mantan untuk seorang guru. Begitulah yang dirasakan Golian.

"Sonia adalah seorang guru yang luar biasa," tutur Golian dikutip dari New York Post, Sabtu (12/8/2017).

Setelah lulus, Golian diterima bekerja di rumah sakit yang sama tempat Sonia bekerja. Kemudian keduanya menjadi teman dan bekerja bersama selama dua tahun.

Tetapi mereka tidak pernah bertemu karena Sonia berganti pekerjaan. Lima tahun kemudian hal yang mengejutkan didapati Golian, ia mendapat kabar bahwa Sonia tengah sakit.

Baca juga: Videonya Viral, Dua Bocah Ini Berhasil Dapatkan Ginjal untuk Ibunya

Sonia didiagnosis penyakit ginjal polikistik, yaitu kelainan ginjal yang ditandai dengan pembentukan kista non kanker yang merusak fungsi ginjal yang pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal total.

Dalam kondisi seperti itu, ginjal Sonia hanya berfungsi 10 persen saja. Mengetahui hal itu, Golian memutuskan untuk mendonorkan ginjalnya untuk Sonia.

"Jika berhasil, saya akan dengan senang hati memberi Anda salah satu ginjal dari saya," ujarnya kepada Sonia melalui pesan singkat.

Walau harus melakukan serangkaian tes kecocokan, ternyata ginjal Golian cocok untuk didonorkan kepada Sonia. "Saya sangat, sangat senang dia melakukannya dengan baik. Saya bisa melihatnya membaik," katanya.

"Kita seperti saudara. Ini adalah ikatan yang akan ada antara kita selamanya dan tidak akan pernah bisa diputuskan," tutupnya.

Baca juga: Kisah Haru Istri yang Donorkan Ginjal untuk Suaminya

(wdw/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close