detikhealth

Dalam Takaran Tertentu, Konsumsi Alkohol Bisa Turunkan Risiko Diabetes

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 10:05 WIB
Dalam Takaran Tertentu, Konsumsi Alkohol Bisa Turunkan Risiko DiabetesDalam takaran yang tepat, minuman alkohol bisa menurunkan risiko diabetes. Foto: GettyImages/SeriousEat
Jakarta, Mengonsumsi minuman beralkohol identik dengan masalah kesehatan, termasuk diabetes. Nah, studi baru-baru ini menyebutkan bahwa dengan aturan konsumsi yang tepat, risiko diabetes bisa dikurangi.

"Mengonsumsi minuman beralkohol 3-4 kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko diabetes," kata penulis dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia.

Studi yang dilakukan oleh Profesor Janne Tolstrup dan rekannya dari National Institute of Public Health di University of Southern Denmark ini melibatkan 70.551 partisipan. Kemudian saat studi berlangsung ditemukan bahwa sebanyak 859 pria dan 887 wanita mengalami peningkatan diabetes.

Baca juga: Studi: Terlalu Banyak Duduk dan Kurang Olahraga Sebabkan Diabetes

Hal tersebut terjadi bukan karena jumlah yang dikonsumsi, melainkan frekuensi mengonsumsinya. "Mengonsumsi alkohol tiga sampai empat kali dalam waktu berbeda selama seminggu lebih baik daripada mengonsumsi langsung hanya pada satu kali," kata Tolstrup dikutip dari Indian Express.

Peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol tiga sampai empat kali seminggu dapat mengurangi risiko dari diabetes. Untuk wanita risiko diabetes menurun sebanyak 32 persen dan pria 27 persen.

Baca juga: Kurang Gerak Lebih Mematikan Dibanding Alkohol dan Kolesterol(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close