detikhealth

Ini Dia Alasan di Balik Postur Tubuh Kurang Bagus

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 11:09 WIB
Ini Dia Alasan di Balik Postur Tubuh Kurang BagusMasalah ini bikin sulit memiliki bentuk tubuh ideal. Foto: Thinkstock
Jakarta, Idealnya seseorang memiliki badan dengan postur tubuh yang tegap. Tak hanya enak dipandang, tapi memiliki postur bagus juga guna menjaga kualitas pernapasan dan tulang Anda.

Postur tubuh biasanya didapatkan karena kebiasaan seseorang dalam menjaga posisi tubuh. Namun, sejumlah masalah lain bisa jadi penyebabnya. Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/8/2017) simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kelelahan
Ketika seseorang merasa kelelahan, tentunya akan sulit menjaga postur tubuh. Dengan duduk atau berdiri secara tegap dalam kondisi ini, pastinya jadi sangat melelahkan untuk menjaganya dalam waktu yang lama. Untuk itu, sebaiknya hindari satu posisi yang berulang setiap harinya.

Baca juga: Perhatikan Postur Tubuh Ideal Ini Agar Tak Gampang Capek di Kantor

2. Sikap kaki
Terdengar sepele tapi benar-benar berdampak untuk postur tubuh. Biasanya, orang dengan postur tubuh yang kurang baik sering duduk bersila dengan punggung yang terlalu membungkuk. Posisi terbaik untuk menjaga postur lebih baik adalah dengan duduk dalam keadaan kaki tegak lurus.

3. Umur
Usia erat kaitannya dengan kemampuan otot yang semakin menurun. Otomatis, ini bisa berefek pada kurangnya tubuh dalam menjaga posisi tubuh untuk tetap sesuai sebagaimana mestinya. Jika sudah masuk usia senja, sebaiknya ikut kegiatan olahraga yang bisa menguatkan bagian belakang badan.

4. Gaya hidup
Gaya hidup sedentari juga memicu postur tubuh yang tidak baik. Sedentari adalah gaya hidup di mana seseorang kurang melakukan aktivitas fisik. Bukan cuma beri dampak ke postur tubuh, gaya hidup ini juga bisa berujung pada hipertensi, diabetes, hingga kolesterol yang tinggi.

5. Skoliosis
Skoliosis merupakan kelainan susunan tulang belakang yang melengkung menyerupai huruf S atau C. Deviasinya pun sebenarnya tak hanya ke samping melainkan tiga dimensi.

Dikatakan dr Andri Primadhi, SpOT, dari RS Hadan Sadikin Bandung, penyebabnya bisa bermacam-macam. Misalnya saja, akibat kelainan bawaan, gangguan saraf dan otot, atau bahkan tidak diketahui penyebabnya (idiopatik).

Baca juga: Posisi Tidur yang Bisa Memperbaiki Postur Tubuh(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close