detikhealth

Pelaku Pemukulan Polantas Mengidap Skizofrenia, Penyakit Apakah Itu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Minggu, 13/08/2017 19:01 WIB
Pelaku Pemukulan Polantas Mengidap Skizofrenia, Penyakit Apakah Itu?Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta, Beredarnya video yang menampilkan anggota TNI Serda Wira Sinaga memukul Bripda Yoga Fernando, anggota Polantas Pekanbaru baru-baru ini menjadi viral. Belakangan, Serta Wira disebut memiliki gangguan kejiwaan.

"Pemeriksaan medis yang bersangkutan pada April lalu menjalani pengobatan di rumah sakit. Dan dari dokter dinyatakan yang bersangkutan itu sakit gangguan kejiwaan skizofrenia," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Edi Hartono dikutip dari detiknews.

Apa itu skizofrenia? Ditemui di atamerica Pacific Place Mall, psikiater dari RS Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Jakarta, Nova Riyanti Yusuf, SpKJ mengatakan bahwa skizofrenia adalah gangguan jiwa berat.

Baca juga: Serda Wira Sinaga yang Pukul Polantas Disebut Alami Skizofrenia

"Yang terganggu daya nilai realitanya sehingga tidak bisa membedakan antara fantasi dan realita, disertai disfungsi sosial-okupasi dan distress," ujarnya kepada detikHealth, Sabtu (12/8/2017).

Menurut wanita yang akrab disapa Noriyu ini, gangguan kejiawaan skizofrenia memiliki gejala khas yang muncul pada pasiennya, seperti bisikan-bisikan di telinga atau halusinasi auditorik.

"Halusinasi auditorik bisa bersifat menyuruh, mengomentari, atau mengejek," imbuh ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) cabang DKI Jakarta.

Selain bisikan, bisa juga muncul keyakinan yang salah pada diri pasien yang tidak bisa dipatahkan oleh argumentasi logis.

"Misalnya dia merasa ketakutan ada yang menyakiti padahal tidak ada. Atau merasa yakin sedang dibicarakan oleh orang lain sampai dia kesal padahal tidak ada yang membicarakan tentang dia," jelas Noriyu.

Proses hukum terhadap Serda Wira atas peristiwa pemukulan itu tetap berlanjut. Secara bersamaan, ia tetap menjalani pengobatan jalan untuk gangguan kejiwaan yang diidapnya itu.

Baca juga: Ujung Kasus Serda Wira yang Pukul Polantas di Pekanbaru

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit