detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin
dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK

DNI SKIN CENTRE
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com
Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNUD/RSUP Sanglah

Mengobati Jerawat yang Tak Kunjung Sembuh

Senin, 14/08/2017 10:10 WIB
Mengobati Jerawat yang Tak Kunjung SembuhIlustrasi jerawat yang tak kunjung sembuh/Foto: Dok. Getty Images
Dear Dokter, saat ini saya menggunakan pure skin set dari salah satu produk kecantikan khusus untuk wajah berjerawat tapi jerawat saya kalau habis bangun pagi kempes siang memerah lagi. Wajah saya terlihat bersih selama pakai produk ini, tapi jerawat saya tidak ada perubahan.

Saya juga coba kompres pakai air hangat, tapi pagi harinya juga kalau sudah masuk jam siang jerawat segar lagi. Dari segi makanan untuk gorengan dan mie jarang banget, saya makan nasi, ikan, dan sayur sering juga. Yang belum saya coba minum tablet, hanya menggunakan obat luar saja.

Golongan darah saya B, dan kulit wajah saya berjerawat cenderung kering, kadang sangat kering. Bagaimana mengobati jerawat membandel ini? Jika saya harus minum obat, obat apa yang harus saya konsumsi?

Yusri (Perempuan, 29 tahun)

Jawaban

Salam kenal,

Untuk mencerahkan kulit memang kandungannya berbeda dengan produk untuk jerawat. Sebaiknya untuk pengobatan jerawat menggunakan produk yang mengandung asam vitamin A yang bekerja menormalkan pergantian kulit sehingga menghindari sumbatan yang dapat menyebabkan terjadinya komedo sebagai awal terjadinya jerawat.

Untuk obat minum atau tablet bisa menggunakan tablet isotretinoin, namun penggunaannya harus konsultasi dengan dokter spesialis kulit karena ada ketentuan dan larangan apabila meminum obat itu.

Semoga bisa membantu.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit