detikhealth

Gigi Gingsul Memang Bikin Manis, Tapi Kenali Penyebabnya

Erika Kurnia - detikHealth
Selasa, 15/08/2017 18:17 WIB
Gigi Gingsul Memang Bikin Manis, Tapi Kenali PenyebabnyaGigi gingsul bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Foto: DetikHot
Jakarta, Gigi gingsul pada beberapa orang membuat senyum semakin manis, sampai tak sedikit orang rela memanipulasi gigi mereka untuk mendapatkannya.

Selain karena faktor genetik, gigi gingsul dapat disebabkan banyak penyebab yang tidak selalu baik.

Berikut adalah 5 penyebab umum dari tumbuhnya gigi gingsul, seperti dilansir dari Orthodonticslimited, Selasa (15/8/2017).

Baca juga: Punya Gigi Gingsul, Nabilah 'JKT48' Makin Percaya Diri

1. Kebiasaan mengisap jempol saat kecil.

Kebiasaan yang alami dilakukan pada usia awal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi. Mengisap jempol dalam waktu lama bisa memberikan dorongan yang tidak alami untuk gigi. Dampaknya, gigi tonggos atau beruntungnya hanya gingsul di gigi taring.

Kebiasaan isap jempol saat kecil bisa sebabkan gigi gingsul.Kebiasaan isap jempol saat kecil bisa sebabkan gigi gingsul. Foto: Thinkstock


2. Kebiasaan menekan gigi dengan lidah.

Lidah adalah otot yang terbilang kuat, sehingga mampu menggerakkan gigi ketika tekanan diberikan secara berulang-ulang. Ketika kebiasaan ini dilakukan di usia dini, gigi dapat terdorong dari tempat tumbuhnya.

Menekan gigi dengan lidah juga bisa sebabkan tumbuh gigi gingsul.Menekan gigi dengan lidah juga bisa sebabkan tumbuh gigi gingsul. Foto: Thinkstock

Baca juga: Ini Dia Hal-hal yang Bisa Bikin Gigi Anak Tumbuh Gingsul

3. Gigi pertama tanggal lebih cepat.

Kebanyakan gigi pertama yang tumbuh saat bayi akan tanggal ketika gigi dewasa siap untuk tumbuh. Waktu tanggal yang tepat akan membuat gigi baru tumbuh di posisi yang tepat. Sebaliknya, ini akan membuat gigi tumbuh melenceng dari tempatnya di gusi.

Gigi pertama lebih cepat tanggal.Gigi pertama lebih cepat tanggal. Foto: ilustrasi/thinkstock


4. Gigi dewasa berlebih.

Gigi gingsul bisa saja muncul saat dewasa. Kemungkinan pertumbuhan gigi dewasa yang berlebih adalah faktornya. Selain gigi bungsu di ujung rahang, gigi dewasa lain bisa mendesak di tengah padatnya rahang dan membuat gigi gingsul.

Gigi dewasa pada anak berlebih.Gigi dewasa pada anak berlebih. Foto: thinkstock


5. Ukuran gigi terlalu besar untuk ukuran rahang.

Orang yang memiliki keturunan gigi besar dan rahang kecil sangat mungkin untuk mendapati gigi mereka berantakan dan tumbuh gingsul. Hal ini mungkin sulit dicegah, tapi bisa diatasi perbaiki oleh ahlinya.

Ukuran gigi terlalu besar untuk rahang.Ukuran gigi terlalu besar untuk rahang. Foto: ilustrasi/thinkstock
(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit