detikhealth

Bayinya Meninggal Kena Pneumonia Akibat Asap Rokok, Curhatan Ibu Muda Ini Viral

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 16/08/2017 10:35 WIB
Bayinya Meninggal Kena Pneumonia Akibat Asap Rokok, Curhatan Ibu Muda Ini ViralCurhatan ibu muda soal anaknya yang meninggal karena pneumonia diduga akibat asap rokok viral di media sosial. (Foto: facebook/fitria indah lestari)
Jakarta, Sebuah postingan ibu muda asal Tangerang viral di Facebook. Postingan yang diunggah oleh akun Fitria Indah Lestari ini memuat curahan hati sang ibu karena anaknya meninggal akibat pneumonia.

Dalam postingan berjudul Jagoanku Pergi ke Surga, Fitria menceritakan bagaimana acara cukur rambut dan aqiqah anaknya, Muhammad Hafizh Syawal, menjadi kala pertama anaknya mendapat paparan asap rokok. Setelah acara itu, diketahui Hafizh yang belum genap berusia 1 bulan mulai menunjukkan tanda-tanda sakit.

Baca juga: Terpapar Residu Asap Rokok Ayahnya, Bayi Ini Meninggal Kena Pneumonia

"Akhirnya pada malam acara itu putraku Hafizh ku bawa ke ruang tamu. Karena banyak tamu yang ingin melihat hafizh, aku terlalu sibuk dengan tamu, sampai-sampai aku tak menyadari kalau ada orang yang sedang merokok. Awalnya Hafizh baik-baik saja tak ada kendala. Sampai 2 hari sesudah acara itu, hafizh batuk-batuk dan nafasnya tersendat sendat (sesak)," tulis Fitria, dalam unggahannya tertanggal 9 Agustus 2017.

Batuk-batuk dan sesak yang dialami Hafizh berlanjut hingga akhirnya Fitria dan suaminya membawa anaknya untuk pergi ke dokter. Di rumah sakit, dokter mengatakan Hafizh mengalami pneumonia berat dan harus dirawat inap.

Kurang lebih 2 hari mendapat perawatan, Fitria menyebut kondisi Hafizh terus memburuk. Bahkan dokter mengatakan hasil rontgen paru-paru Hafizh sangat jelek akibat pneumonia berat yang dialaminya.

Baca juga: Penting! Anak yang Kena Asap Rokok Lebih Rentan Kena Pneumonia

"Setiap panggilan dari dokter pasti kondisi Hafizh selalu menurun, air mata selalu hadir setiap waktu dan detik," ungkap Fitria lagi.

Selang 3 hari, tepatnya pada 30 Julit 2017, Hafizh pun dinyatakan meninggal dunia. Fitria pun mengaku sangat sedih dan tak bisa berhenti menangis. Ia menyesal mengapa anaknya yang masih bayi harus diberi penyakit yang demikian berat, bahkan hingga meninggal dunia.

Foto-foto Hafizh yang mengalami pneumonia akibat asap rokok saat dirawat di rumah sakitFoto-foto Hafizh yang mengalami pneumonia akibat asap rokok saat dirawat di rumah sakit (Foto: facebook/fitria indah lestari)

Postingan yang sudah dibagikan lebih dari 44 ribu kali ini pun mendapat banyak reaksi dari netizen. Hampir seluruhnya meminta Fitria untuk tetap sabar. Ada juga yang mengingatkan netizen lain untuk tidak merokok terutama di dekat anak kecil.

Fitria pun membuat unggahan baru pada tanggal 12 Agustus 2017. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan doa yang diberikan untuk anaknya. Tak lupa, ia juga berpesan bahwa bahaya asap rokok untuk anak sangat nyata dan jauhkan anak dari asap rokok.

"Makasih ya untuk teman fb yang sudah mendoakan dd Hafizh. Saya senang ternyata banyak yg mendoakan anak saya. Semoga kejadian yang dialami anak saya bisa dijadikan sebuah pelajaran buat orang tua yg punya anak kecil. Jauhkan anak kalian dari bahayanya asap rokok. Terima kasih banyak untuk kepedulian teman fb semuanya. Maaf gabisa bales satu-satu, doa dan support dari kalian sangat berharga sekali bagi saya," tutupnya.

Baca juga: Catat! Faktor-faktor yang Tingkatkan Risiko Anak Kena Pneumonia

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit