detikhealth

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Jenuh Bercinta di Usia 30 Tahun, Ada Apa?

Rabu, 16/08/2017 18:15 WIB
Jenuh Bercinta di Usia 30 Tahun, Ada Apa?Ilustrasi pria yang jenuh bercinta/Foto: Getty Images
Malam Dok, di usia saya sekarang yaitu 30 tahun sudah merasa jenuh saat berhubungan. Apakah ada yang salah dengan saya? Mohon penjelasannya dan apakah saya bisa disembuhkan? Terimakasih.

I (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Usia Anda, 30 tahun, relatif masih muda. Kejenuhan hubungan seksual saat ini bukan ditentukan oleh sudah terbiasa atau kerapnya hubungan seksual. Kejenuhan tersebut lebih ditentukan oleh kebugaran jasmani dan psikis Anda dan respons serta daya tarik istri saat ML.

Disarankan Anda melakukan general check up kesehatan, untuk mengetahui adakah penyakit kronis seperti: darah tinggi, kencing manis, kadar kolesterol abnormal dan sebagainya yang bisa mengganggu kebugaran seksual dalam bentuk kejenuhan.

Anda perlu bicara dengan istri secara baik, bila daya pikat atau responsnya saat di atas ranjang amat pasif (tidak bergairah).

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit