detikhealth

Pasien Gagal Ginjal Dilarang Makan Pisang, Mitos atau Fakta?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 16/08/2017 19:32 WIB
Pasien Gagal Ginjal Dilarang Makan Pisang, Mitos atau Fakta?Mitos pasien gagal ginjal dilarang makan pisang/Foto: Getty Images
Jakarta, Sering orang dengan gagal ginjal dilarang untuk memakan buah-buahan yang tinggi kalium. Hal ini guna menghindari adanya hiperkalemia pada pasien dengan penyakit yang ada. Tapi, bukan berarti larangannya berlaku untuk semua pasien.

"Setiap pasien itu harus ditangani secara individual, jadi perlakuannya dari satu pasien ke pasien yang lain berbeda," ujar Dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH, Rabu (16/8/2017), saat acara yang diselenggarakan oleh Baxter di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pisang adalah salah satu buah dengan kadar kalium yang memang tergolong tinggi. Jika pelarangannya disasar untuk pasien dengan keadaan kalium yang tinggi, atau lebih dari batas normal yakni 3,5-5 mEq/L, maka itu adalah suatu hal yang tepat.

Baca juga: 4 Makanan Yang Harus Dipantang oleh Pasien Gagal Ginjal

"Tapi kan tidak semua pasien gagal ginjal bisa dibilang kaliumnya tinggi, maka sebelumnya harus dicek," tutur dokter dari RSU PGI Cikini tersebut.

Bisa saja pasien memiliki kandungan kalium yang rendah. Maka konsumsi pisang atau makanan tinggi kalium lainnya seperti umbi-umbian, tomat, dan kacang merah bisa-bisa saja diberikan pada orang dengan gagal ginjal.

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki hiperkalemia bisa dilakukan dengan melakukan cek darah. Cara lainnya adalah melalui pemeriksaan elektrokardiogram.

Baca juga: 5 Fakta Gagal Ginjal dalam Infografis(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit