detikhealth

Punya Badan Kurus dan Ingin Gemuk? Cara Ini Bisa dilakukan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 18/08/2017 11:41 WIB
Punya Badan Kurus dan Ingin Gemuk? Cara Ini Bisa dilakukanTubuh sulit gemuk bisa diatasi dengan berbagai cara. Foto: iStock
Jakarta, Badan ideal memang gampang-gampang susah didapatkan. Bagi orang yang memiliki tubuh kurus, sudah sewajarnya menaikkan berat tubuh agar menjadi porposional.

Pertanyaannya, bagaimana caranya? dilansir Live Strong, Jumat (18/8/2017), rentetan cara ini bisa jadi panutan Anda dalam meraih badan ideal. Semoga sukses.

1. Tentukan kalori yang dibutuhkan
Dalam sehari, ada kalori yang harus dipenuhi manusia. Idealnya orang dewasa membutuhkan jumlah kalori sebanyak 1400-1600 kalori jika memiliki aktivitas harian ringan. Tapi jumlahnya akan bertambah ketika seseorang memiliki aktivitas fisik yang semakin berat.

2. Atur pola makan
Ada rekomendasi yang menyatakan bahwa sebaiknya makan sebanyak 5-6 kali sehari dengan porsi kecil. Alasannya sederhana, akan menghindari Anda dari perasaan cepat kenyang apabila kesulitan menghabiskan makanan porsi banyak.

Baca juga: Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Bikin Orang Susah Gemuk

3. Variasi makanan
Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan untuk tetap mengonsumsi sumber protein, vitamin dan lainnya yang dibutuhkan tubuh melalui makanan yang beragam pula. Jika ingin mengonsumsi protein, meskipun ayam cukup baik kandungannya, usahakan jangan memakan menu yang sama. Lagipula, Anda bisa bosan juga kan?

4. Tambah nutrisi dimakanan yang Anda makan sehari-hari
Tak perlu mengganti menu secara drastis atau mendadak diet dengan ketat. Cukup gunakan sederhana yakni menambahkan sumber nutrisi pada makanan yang sehari-hari Anda konsumsi. Jika Anda sering sarapan dengan nasi goreng, mulai sekarang bisa tambahkan udang dan potongan sayur pada sepiring nasi goreng itu.

5. Ngemil sehat
Cara cepat gemuk lainnya ya ngemil. Tapi ingat tetap hari yang bernutrisi. Coba makan roti dengan selai kacang, atau ngemil dengan buah-buahan yang selain sehat juga lebih mengenyangkan.

Baca juga: 'Bakat' Sulit Gemuk Diturunkan dari Orang Tua pada Anaknya?(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit