detikhealth

9 Alasan Sehat Buah Pir Harus Ada di Mangkuk Anda

Suherni Sulaeman - detikHealth
Sabtu, 19/08/2017 18:10 WIB
9 Alasan Sehat Buah Pir Harus Ada di Mangkuk AndaBuah pir begitu familiar bagi orang Indonesia. Nah tanpa disadari begitu banyak manfaat buah pir untuk kesehatan. Apa saja itu? (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Buah pir begitu familiar bagi orang Indonesia. Terkadang buah ini dibuat camilan sehat yang lezat, kaya akan kandungan serat, mineral dan nutrisi vital lainnya. Meski dikenal sebagai buah berkalori rendah, pir juga mengandung antioksidan kaya dan bahkan dikenal bisa mencegah kanker. Terlebih lagi, membantu membangun tingkat imunitas dalam tubuh.

Dilansir dari Indian Express, berikut adalah alasan mengapa pir adalah buah ajaib yang harus ada di atas buah Anda.

Baca juga: Studi Ungkap Makan Buah Pir Menyehatkan Bagi Pasien Diabetes

1. Melawan radikal bebas
Kandungan vitamin C, vitamin K, dan tembaga dalam pir dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

Buah pir memiliki manfaat antara lain mengandung banyak vitamin dan mengurangi risiko penyakit jantung.Buah pir memiliki manfaat antara lain mengandung banyak vitamin dan mengurangi risiko penyakit jantung. Foto: thinkstock


2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke
Serat pada pir bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh dan melindungi kita dari penyakit jantung. Asupan harian makanan kaya serat seperti pir dapat mengurangi risiko stroke hingga 50 persen.

3. Sifat anti kanker
Kandungan serat yang tinggi dalam pir mampu menetralkan sel karsinogenik dengan menghilangkan dan mencegah kanker usus besar. Buah pir sehari dapat mencegah kanker payudara hingga 34 persen pada wanita menopause.

4. Anti alergi
Pir, bila dibandingkan dengan buah lainnya, memiliki sedikit reaksi alergenik saat dimakan dan dengan demikian merupakan satu dari sedikit buah yang bisa diberikan pada bayi.

Pir tinggi kandungan antioksidan sehingga baik untuk kekebalan tubuhPir tinggi kandungan antioksidan sehingga baik untuk kekebalan tubuh Foto: Australia Plus ABC


5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Tingginya kandungan anti oksidan seperti vitamin C dan tembaga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

6. Baik untuk tulang
Masalah tulang sangat umum akhir-akhir ini. Jadi untuk menjaga agar tulang-tulang itu tetap sehat dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan memberi makan jumlah kalsium setiap hari. PH tubuh dapat dipertahankan melalui diet dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Pir kaya Boron dapat membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan mudah.

7. Sumber energi yang tinggi
Kandungan glukosa yang tinggi dalam pir memberi Anda energi instan saat Anda merasa lemah. Ini akan diserap dengan sangat cepat oleh tubuh dan diubah menjadi energi.

Manfaat buah pir juga dirasakan ibu hamil untuk mengurangi risiko cacat lahirManfaat buah pir juga dirasakan ibu hamil untuk mengurangi risiko cacat lahir Foto: Ari Saputra


8. Sehat untuk ibu hamil
Pir mengandung ssam folat yang sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi tetap aman dari cacat lahir. Maka itu dianjurkan mengonsumsi pir secara teratur selama kehamilan.

9. Menyembuhkan demam
Pir membantu menyembuhkan demam dengan mudah dengan efek pendinginannya.

Baca juga: Kapan Waktu Makan Buah yang Benar, Sebelum atau Setelah Makan?

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit