detikhealth

Frustrasi dengan Lemak Perut yang Membandel? Ikuti Saran Dokter Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 20/08/2017 04:04 WIB
Frustrasi dengan Lemak Perut yang Membandel? Ikuti Saran Dokter IniIlustrasi lemak perut (Foto: Thinstock)
Jakarta, Dibandingkan timbunan lemak di bagian tubuh lain, lemak di perut termasuk paling sulit untuk disingkirkan. Lemak di perut juga menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit jantung, hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, diabetes dan lain-lain.

Menurut dr Michael Triangto, SpKO, spesialis kedokteran olahraga sekaligus direktur Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur lingkar perut untuk melihat komposisi lemak, otot dan isi perut.

"Dengan demikian kita harus berolahraga yang ditujukan untuk mengurangi massa lemak, mengencangkan massa otot namun tidak berlebihan dan mengatur pola makan," tutur dr Michael.

Baca juga: Saran Dokter Bagi yang Ingin Ramping Tapi Terlalu Sibuk untuk Olahraga

Lanjut dr Michael, agar nafsu maka tidak berlebihan, sebaiknya kurangi sedikit intensitas olahraga sehingga pada saat yang sama akan mampu mengurangi asupan makanan.

Kemudian untuk latihan, dr Michael menganjurkan perbanyak jalan cepat namun pastikan kedua lengan terayun ke depan dan belakang sehingga perut terputar ke kanan dan kiri. Di samping itu lakukan latihan perut yang sederhana misal reverse crunch yang dapat dilakukan di luar gym misalnya saat duduk di kursi kerja ataupun sofa.

"Jangan lupa untuk mengukur lingkar perut tersebut secara berkala sehingga keberhasilannya benar terukur bukan hanya dirasakan," ujar dr Michael.

Baca juga: Olahraga Terlalu Berat Bisa Sebabkan Varises? Ini Kata Dokter

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit