detikhealth

Olahraga yang Cocok Jika Kamu Rentan Cedera

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 20/08/2017 10:29 WIB
Olahraga yang Cocok Jika Kamu Rentan CederaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Usia 40-an adalah menjadi usia rawat dalam hidup seseorang, terlebih wanita. Di saat itulah manifestasi kesehatan dari gaya hidup yang diterapkan selama hidup dituai, mulai dari aktivitas fisik, pola makan, tingkat stres dan lainnya.

Namun tak sedikit di antara mereka menghindari olah tubuh lantaran khawatir cedera, padahal menurut pelatih bersertifikat, Jay Cardiello seperti dilansir dari laman Prevention, berolahraga secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan.

"Mempertahankan program olahraga teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini membantu untuk membalikkan perkembangan kondisi kronis yang terkait dengan obesitas, meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, dan dapat menurunkan depresi," kata Cardiello.

Nah, untuk itu, ini dia daftar olahraga yang cocok untuk wanita usia di atas 40 tahun. Simak berikut ini.

Baca juga: Jangan Malas! Sudah Lansia Tetap Harus Olahraga Lho!

1. Zumba Toning

Zumba Toning merupakan salah satu dari beberapa jenis zumba. Gerakan yang memadukan musik dansa dengan koreografi ini dapat melatih kekuatan otot paha, lengan, dan perut. Pengangkatan beban seperti dumble juga membantu mengurangi nyeri yang berhubungan dengan arthritis.

"Kelas Zumba adalah cara yang bagus bagi wanita untuk berolahraga. Bila Anda mengikuti instruktur, Anda tidak perlu khawatir tentang set, repetisi, atau kapan harus beristirahat," kata Cardiello.

2. Vinyasa Yoga

Yoga tak pelak menjadi bagian hidup banyak orang di zaman modern ini. Ahli gizi dan pelatih pribadi, Jim White mengatakan bahwa ini harus dilakukan pada wanita berusia di atas 40 tahun.

Mengingat stres cenderung meningkat seiring bertambahnya usia, yoga Vinyasa dapat meningkatkan kesadaran diri sehingga hidup bisa terkontrol dengan baik.

"Ini membantu menenangkan pikiran dan menurunkan tingkat stres," kata Whita.

3. Barre

Olahraga ini merupakan kombinasi antara latihan fitness, balet dan yoga. Tak beda dengan olahraga lainnya, balet Barre dimulai dengan latihan pemanasan ringan terlebih dahulu. Selama latihan berlangsung, sebagian besar kelas balet Barre akan dipandu oleh instruktur. Balet Barre ini mampu membangun daya tahan otot, meningkatkan keseimbangan serta fleksibilitas yang dapat membantu menangkal cedera dan rasa sakit.


4. Spin

Latihan ini sangat ideal untuk orang yang ingin berolahraga secara penuh tanpa tekanan otot dan sendi. Kelas spin adalah bentuk pelatihan interval cardio yang menggabungkan urutan resistansi tinggi dan rendah dengan kecepatan yang bervariasi. Gaya pelatihan ini tidak hanya membantu kesehatan jantung, tapi juga membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam jumlah waktu yang lebih singkat.

"Spin adalah suatu keharusan bagi wanita yang berusia lebih dari 40 tahun mencoba menurunkan berat badan dan mendapatkan otot. Ini adalah salah satu kelas pembakaran kalori tertinggi di luar sana," kata White.


5. Pilates

Jika Anda pernah mengalami sakit dan nyeri pada tubuh, cobalah ikut kelas Pilates. Pilates bukan hanya membangun kembali dan memperkuat otot yang lemah, tapi juga merupakan salah satu kelas terbaik yang dapat Anda ambil jika Anda ingin menangkal rasa sakit dan mencegah cedera. Cardiello merekomendasikan latihan khusus untuk wanita yang menderita sakit punggung bagian bawah.

"Pilates adalah cara yang luar biasa bagi wanita untuk meningkatkan mobilitas dan kekuatan pinggul mereka, yang mengurangi nyeri punggung bagian bawah," pungkas Cardiello.

Baca juga: 3 Olahraga Paling Cocok untuk Para Wanita Super

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit