detikhealth

Mengeluh Nyeri Hebat Saat Haid, Ternyata Punya 50 Tumor di Rahim

Erika Kurnia - detikHealth
Minggu, 20/08/2017 19:07 WIB
Mengeluh Nyeri Hebat Saat Haid, Ternyata Punya 50 Tumor di RahimIlustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Seorang wanita di usia awal 30 tahunan asal Itanagar, satu negara bagian India, mengalami perdarahan menstruasi yang berat dan menyakitkan. Setelah datang ke rumah karena kondisinya, ia harus menjalani operasi dan mendapati banyak tumor bersarang di rahimnya.

Yang mengejutkan dari penemuan tersebut adalah bahwa ia memiliki 50 buah tumor. Tim dokter yang kemudian mengoperasinya berhasil mengeluarkan semua tumor tersebut dalam waktu tiga jam.

"Dalam investigasi kami sebelumnya, tumor jinak ditemukan dalam rahimnya. Tumor tersebut disebut myoma," kata ginekolog senior Dr Posting Bayang di Rama Krishna Mission Hospital, seperti dikutip dari Zeenews, Minggu (20/8/2017).

Baca juga: Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

Wanita tersebut diketahui telah mengeluhkan siklus menstruasi yang tak wajar sejak bertahun-tahun lamanya, hingga akhirnya ia anemia dan sampai harus menerima transfusi darah.

Akibat kondisinya, mau tak mau tim dokter harus mengambil langkah yang berisiko. "Wanita ini masih berusia di awal 30-an dan belum menikah. Sementara kita harus melakukan operasi myomektomi yang berisiko bagi kelangsungan rahimnya," kata sang dokter.

Operasi telah berhasil dilakukan pada 15 Agustus lalu. Sebelumnya, pasien selalu mendapat saran dari dokter untuk melakukan histerektomi, yaitu pengangkatan seluruh rahimnya.

Baca juga: Studi: Kelebihan Estrogen dan Testosteron Bisa Sebabkan Tumor Rahim

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit