detikhealth

Pada Perokok, Cahaya Lampu Kota Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 20/08/2017 20:25 WIB
Pada Perokok, Cahaya Lampu Kota Tingkatkan Risiko Kanker PayudaraFoto: thinkstock
Jakarta, Tinggal di lingkungan yang terang benderang di kala malam, menurut penelitian bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Ini berlaku pada perokok dan mantan perokok.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health Perspectives ini menyebut, perempuan yang bekerja di shift malam lebih rentan terhadap pengaruh cahaya buatan luar ruangan di malam hari.

Para ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut mendasarkan temuannya pada hipotesis tentang melatonin, yakni salah satu hormon yang mengatur pola tidur. Penurunan kadar melatonin, menurut berbagai penelitian terdahulu, bsia meningkatkan risiko kanker payudara.

Baca juga: Paparan Cahaya Saat Tidur Bisa Timbulkan 4 Masalah Kesehatan Ini

Paparan cahaya buatan di malam hari, menurut penelitian kali ini, berpengaruh pada produksi melatonin. Efek yang sama juga ditemukan pada paparan racun rokok.

"Kami berteori bahwa kadar melatonin terlibat," kata salah seorang peneliti, Peter James dari Harvard Medical School, seperti dikutip dari NYdailynews.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis data dari 110.000 partisipan dalam Nurse's Health Study II antara tahun 1989-2013. Kadar iluminasi luar ruangan didasarkan pada informasi satelit.

Baca juga: Citra Satelit dari Luar Angkasa Ungkap Risiko Kanker dan Obesitas

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit