detikhealth

Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Takut Bersosialisasi karena Pernah Jadi Korban Pelecehan

Senin, 21/08/2017 14:00 WIB
Takut Bersosialisasi karena Pernah Jadi Korban PelecehanIlustrasi wanita yang takut bersosialisasi karena pernah jadi korban pelecehan/Foto: thinkstock
Tolong rahasiakan identitas saya. Dok, saya seseorang yang memiliki trauma di masa lalu. Saya pernah menjadi korban pelecehan seksual. Dan sampai saat ini saya masih takut untuk bersosialisasi. Saya lebih suka untuk tinggal di dalam kamar dan menangis. Saya tahu ini tidak lah baik untuk diri saya. Tapi saya merasa selalu ketakutan. Apa yang sebaiknya saya lakukan dan obat apa yang harus saya konsumsi?

R (23 tahun)

Jawaban

R yang baik,

Masalah yang terkait trauma masa lalu memang sering menjadi masalah di masa kini. Pelecehan, perundungan (bullying), kekerasan yang dihadapi di masa lalu bisa begitu membekas pada beberapa orang dan menghasilkan dampak psikologis yang kurang baik di saat ini.

Ada beberapa orang yang mampu lewati masa traumatiknya dan akhirnya bisa hidup normal tanpa ada bayang-bayang lagi dari masa lalu itu tetapi ada juga yang tidak bisa. Saat ini maka perlu adanya bantuan profesional untuk mengatasi masalah tersebut. Psikolog atau psikiater bisa membantu.

Keperluan obat untuk mengatasi masalah ini perlu mendapatkan penilaian awal dulu saat berkonsultasi dengan psikiater. Semoga bisa membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit