detikhealth

Artikel 18+

Jangan Merasa Tua Kalau Mau Bercinta Lebih Sering

Erika Kurnia - detikHealth
Senin, 21/08/2017 17:05 WIB
Jangan Merasa Tua Kalau Mau Bercinta Lebih SeringUsia boleh bertambah, tapi jangan jadi rendah diri merasa sudah 'tua'. (Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Persepsi tua karena bertambahnya usia bisa membuat keinginan seks seseorang berkurang, menurut studi 2017 oleh The Kinsey Institute yang mempelajari bagaimana usia berpengaruh pada frekuensi bercinta.

Setelah meneliti hampir 1.200 orang paruh baya dan ke atas, studi lebih dari 10 tahun yang dipublikasikan dalam Journal of Sex Research, peneliti melihat bahwa banyak dari mereka yang merasa lebih tua atau lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Mereka yang merasa lebih tua daripada usianya ternyata berkurang hasrat bercintanya dari waktu ke waktu. Dalam enam bulan, mereka yang merasa cepat tua rata-rata bercinta dari 2,52 kali menjadi 1,8 kali. Mereka yang juga mengidap masalah kesehatan kronis bahkan bercinta lebih sedikit dari angka tersebut.

Baca juga: Ini Frekuensi Ideal untuk Hubungan Intim Berdasarkan Rentang Usia

Sebaliknya, mereka yang merasa lebih muda daripada jumlah lilin di kue ulang tahunnya lebih sering bercinta, kata studi yang dilansir dari Women's Health, Senin (21/8/2017). Peneliti melihat bahwa mereka bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang yang bercinta sekali seminggu lebih bahagia. Bahkan studi lainnya menunjukkan bahwa 32 persen wanita yang aktif seksual masih bisa berhubungan seks sampai dua kali sebulan. Jadi, usia tidak selalu menjadi penghalang untuk bercinta, tapi persepsi Anda.

Baca juga: Di Usia Ini Wanita Justru Paling Sering Rasakan Klimaks(fds/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit