detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Tips Mengatasi Ejakulasi Dini

Senin, 21/08/2017 18:52 WIB
Tips Mengatasi Ejakulasi DiniFoto: thinkstock
Dok saya mau tanya, kenapa Mr P saya sebelum ereksi kecil sekali? Sekitar 3 sampai 5 cm, tapi ketika ereksi cukup panjang sekitar 11-13 cm. Apakah itu ideal? Dan kalau berhubungan, daya tahan untuk klimaks cepat sekali, tapi cepat juga untuk kembali ereksi. Bagaimana solusi biar bertahan lama Dok?

A (27 tahun)

Jawaban

Dari keterangan Anda tentang ukuran penis Anda saat relaksasi dan ereksi adalah normal.
Yang jauh lebih penting untuk Mr P bukan panjangnya, tapi keras dan tegangnya saat ereksi. Jelasnya, penis yang berukuran mini, bila saat ereksi, keras dan tegang, tetap akan mampu melakukan hubungan intim dengan sempurna.

Agar tidak ejakulasi dini, jangan cepat-cepat penetrasi penis ke dalam vagina. Lakukan foreplay berupa sentuhan, rabaan secara manual atau oral pada zona erotika tubuh istri Anda. Bila istri sudah menghampiri klimaks (orgasme) barulah lakukan penetrasi penis ke dalam vagina.

Alternatif lain, sejak awal foreplay mengonsumi obat erektogenik, antara lain obat golongan Sildenafil, Tandalafil yang diminum 30 menit menjelang hubungan intim. Dengan catatan, obat ini boleh dikomsumsi bila Anda tidak minum obat jantung, yaitu isorbide-dinitrat.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit