detikhealth

Aww, Pasangan yang Bawel Bisa Bikin Nyeri Pinggang Makin Parah

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 21/08/2017 19:17 WIB
Aww, Pasangan yang Bawel Bisa Bikin Nyeri Pinggang Makin ParahFoto: iStock
Jakarta, Nyeri pinggang bisa jadi masalah yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tahukah kamu kalau rasa nyeri itu ternyata bisa makin parah lho kalau punya pasangan yang bawel dan tidak suportif.

Hal tersebut diutarakan oleh para peneliti dari Rush University dalam penelitian terbaru yang dipublikasi di jurnal Pain. Menurut pemimpin studi John Burns, pasangan yang bersikap tidak suportif dapat memperburuk persepsi nyeri pinggang yang dirasakan seseorang.

Baca juga: Kenali Berbagai Penyebab Sakit Pinggang

John mengatakan wanita lebih rentan terhadap efek ini dibandingkan laki-laki.

Peneliti mendeskripsikannya seperti siklus lingkaran yang tak putus, dimulai dari kritikan membuat nyeri semakin terasa sampai tiga jam kemudian. Karena nyeri tak tertahankan, seseorang pun akan lebih banyak mengeluh dan ini bisa kembali memicu kritikan dari pasangan.

"Temuan ini menunjukkan dampak buruk dari komunikasi negatif spesifik oleh pasangan terhadap rasa nyeri yang dirasakan pasien," kata John seperti dikutip dari Reuters pada Senin (21/8/2017).

Studi dilakukan dengan peneliti bereksperimen pada 71 pasangan. Selama 10 menit pertama mereka diminta berdiskusi dengan topik yang memang sengaja dirancang menimbulkan konflik. Setelah itu tiap individu diminta melakukan gerakan olahraga sederhana dan diukur intensitas nyeri yang mungkin mereka rasakan..

Skor nyeri pinggang tiap individu lalu dikaitkan dengan skor intensitas konflik yang dialami olehnya. Peneliti menemukan para pasien dengan konflik yang tinggi merasakan nyeri punggung yang lebih tinggi juga.

Mengapa hal ini terjadi dikomentari oleh psikolog Tim Smith dari University of Utah kemungkinan karena psikologis pasien yang tertekan berkontribusi terhadap sakit fisik. Saat kondisi mental terganggu dampaknya bisa bermanifestasi menjadi gejala fisik.

Baca juga: Kalau Nyeri Pinggang Seperti Ini, Waspada Saraf Kejepit

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit