detikhealth

Dua Buah Ini Terbukti Bisa Meningkatkan Kekuatan Otot

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 22/08/2017 18:05 WIB
Dua Buah Ini Terbukti Bisa Meningkatkan Kekuatan OtotKandungan ursolic acid pada apel dapat melawan efek penuaan otot. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Kalau ingin menjaga kesehatan otot nutrisi apa sih yang paling penting? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab protein dan meski hal tersebut benar namun ada juga lho asupan lain yang juga tak kalah penting.

Seperti diketahui secara umum bahwa ketika usia semakin bertambah tua maka suka tidak suka kekuatan otot akan berkurang. Alasannya karena serat-serat otot mengalami penyusutan (atrofi) dan hal tersebut tidak bisa dihindari hanya bisa diperlambat.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Cara Paling Tepat Memperkuat Otot Tanpa Pegal-pegal

Nah studi oleh para peneliti dari University of Iowa melihat bahwa buah apel dan tomat ternyata memiliki senyawa yang dapat mengembalikan keremajaan otot. Senyawa ursolic acid pada apel dan tomatidine pada kulit tomat hijau dapat melawan protein ATF4 yang disebut berkaitan dengan atrofi otot karena penuaan.

Kulit tomat hijau kaya akan tomatidine.Kulit tomat hijau kaya akan tomatidine. Foto: Thinkstock


"Kita tahu bahwa kelemahan otot dan atrofi merupakan masalah besar ketika kita bertambah tua. Hal ini karena kelemahan otot bisa sangat berdampak pada bagaimana kualitas hidup dan kesehatan kita nanti," ungkap salah satu peneliti Dr Christopher Adams seperti dikutip dari Medical Daily, Selasa (22/8/2017).

Dipublikasi dalam jurnal Biological Chemistry peneliti melihat selama dua bulan bagaimana senyawa dari apel dan tomat memengaruhi para tikus tua. Tikus yang mengonsumsi diet tinggi ursolic acid dan tomatidine dilaporkan memiliki massa otot 10 persen lebih banyak dan 30 persen lebih kuat dibanding tikus tua umumnya.

Dr Adams bersama tim mengaku akan terus melanjutkan studi dengan tujuan bisa menerapkannya untuk manusia. Di masa depan mungkin saja senyawa dari apel dan tomat ini menjadi suplemen obat baru untuk memperkuat otot.

Baca juga: 7 Makanan untuk Perkuat Otot Pria(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit