detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Solusi untuk Pria yang Kecanduan Masturbasi

Rabu, 23/08/2017 18:15 WIB
Solusi untuk Pria yang Kecanduan MasturbasiSalurkan energi dengan kegiatan lain agar dorongan masturbasi bisa ditekan. (Foto: Thinkstock)
Selamat malam Dok, saya ingin sedikit bercerita dan mendapatkan solusi. Saya suka masturbasi dan saya suka mengulangi masturbasi kurang lebih lima kali dalam seminggu bahkan lebih. Apakah masturbasi yang berlebihan dapat membahayakan kehidupan seks saya Dok? Dan apa yang dapat saya lakukan agar kebiasaan buruk saya tidak terulang kembali? Terimakasih.

R (Laki-laki, 19 tahun)

Jawaban

Masturbasi tidak berbahaya untuk kesehatan, bila dilakukan saat tubuh bugar, hygienis-bersih tangan, alat atau objek yang digunakan. Juga frekuensinya tidak boleh sampai mengganggu kegiatan rutin sehari-hari.

Masturbasi yang berlebihan hingga mengganggu kegiatan rutin Anda, dapat dikelola dengan menyalurkan energi Anda pada kegiatan yang berdimensi hobi: renang, brisk-walking, kegiatan seni tari, seni lukis, seni suara dan sebagainya.

Dampak masturbasi pada kehidupan seksual, sebagian kecil akan mengalami ejakulasi dini atau disfungsi ereksi. Hal ini disebabkan: saat masturbasi tidak ada objek hidup (partner, istri), hingga bisa dilakukan sekehendak hati. Berbeda suasananya saat ML dengan partner atau istri, yang merupakan objek hidup. Hingga memerlukan proses adaptasi kembali.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit