detikhealth

Ini Dana, Korban Pembakaran Hidup-hidup yang Kini Jadi Motivator

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 24/08/2017 09:35 WIB
Ini Dana, Korban Pembakaran Hidup-hidup yang Kini Jadi MotivatorDana, wanita yang dibakar hidup-hidup kini menjadi motivator. Foto: Instagram/dana_vulin
Jakarta, Dana Vulin (31) dari Perth, Australia, pada Februari 2012 lalu dibakar hidup-hidup karena tuduhan perselingkuhan. Ia dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi sekitar 65 persen tubuhnya menderita luka bakar tingkat tiga.

"Apinya di mana-mana: bahu, perut, hanya payudara saja yang terlindungi karena saya memakai penutup payudara," kenang Dana seperti dikutip dari Dailymail.

Baca juga: Dokter Gunakan Kulit Ikan untuk Obati Luka Bakar di Brazil

Di rumah sakit Dana sempat koma selama dua hari. Tim dokter berusaha menjaga kondisinya stabil sambil merawat luka bakar yang ada, secara rutin melakukan operasi untuk mengangkat sel kulit yang mati.

Dana harus menjalani lebih dari 200 prosedur.Dana harus menjalani lebih dari 200 prosedur. Foto: Instagram/dana_vulin


Total Dana harus menjalani sekitar 200 prosedur operasi dan mengenakan topeng kompresi selama 2,5 tahun agar luka di wajahnya pulih lebih baik.

Dana pun menulis perjalanannya menuju kesembuhan dalam buku yang berjudul "Worth Fighting For". Meski bekas luka bakar permanen menghiasi tubuh, Dana tak segan menunjukkanya di depan publik sebagai tanda kisahnya bisa kembali 'normal' dari yang tadinya disebut tak bisa menggenggam pulpen lagi.

"Tidak ada yang menyangka bahwa kepulihan seperti ini secara fisik bisa terjadi. Saya seperti memenangkan emas di olimpiade," kata Dana.

"Butuh perjuangan keras bagi saya untuk bisa sampai titik ini. Perjalanan panjang selama lima setengah tahun," ungkap Dana yang kini menjadi motivator.

Baca juga: Banyak Makan Dapat Bantu Pasien Luka Bakar Parah Cepat Pulih
(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit